Home News Update 58 Siswa SMP BM Ikuti LDK di Yogyakarta

58 Siswa SMP BM Ikuti LDK di Yogyakarta

Sebagian siswa SMP Santo Borromeus Purbalingga sedang berlatih drama berbahasa Inggris dalam kegiatan LDK di Sumber Boyong Adventure Camp, Kaliurang Yogya.

Purbalingga, 20/6 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 58 siswa Klas 7 dan 8 SMP Santo Borromeus Purbalingga atau yang dikenal SMP BM, selama tiga hari, 18-20/6 mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), di Sumber Boyong Adventure Camp, Kaliurang Yogya.Kegiatan ini rutin digelar setahun sekali di akhir tahun pelajaran, dan kali ini untuk ke tujuh kalinya.

“Lewat LDK ini, kami membekali para siswa agar menjadi pribadi yang mandiri, berpikir kritis, dan memiliki jiwa pemimpin,” ujar Ketua Panitia LDK SMP Santo Borromeus, Drs.Ignatius Yelli W, yang dihubungi Minggu (19/6).

Ikut mendampingi para siswa dalam kegiatan itu, sebanyak 8 guru SMP Santo Borromeus. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama SMP Santo Borromeus Purbalingga dengan Romo JOhanes Nugroho, SJ bersama timnya yang terdiri anak-anak muda dari berbagai sekolah Katholik di Jogja dan Gombong, Kebumen. Tema kegiatan kali ini.

“Pelajar pemimpin masa kini dan masa depan gereja dan bangsa, bersama sama memperjuangkan keadilan, kemajemukan, dan keutuhan ciptaan”

Kegiatan ini diisi berbagai kegiatan yang membangun kemandirian, karaker, menghargai kemajemukan, membangun pola pikir kritis,keberanian berorasi dan membangun jiwa kepemimpinan, serta bersikap adil dalam tindakan sehar-hari.

Yang menarik dalam kegiatan ini anak-anak diajak jalan-jalan di Malioboro, lalu di jantung Kota Yogyakarta ini diminta berorasi tentang kritik sosial.

“Setiap anak harus tampil berorasi di jalan Malioboro. Hal ini untuk melatih agar tidak takut berbicara di muka umum, ” ujar Ignatius Yelli. (BJ33)