Home Headline 53 Bencana Terjadi di Pekalongan Sejak Januari-Februari

53 Bencana Terjadi di Pekalongan Sejak Januari-Februari

BPBDPekalongan, 22/2 (Beritajateng.net)- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, mencatat sejak awal bulan Januari hingga pekan ketiga Februari 2015 terjadi 53 kejadian bencana yang melanda daerah setempat.

Kepala BPBD Kabupaten Pekalongan Bambang Sudjatmiko di Pekalongan, Minggu, mengatakan intensitas curah hujan yang relatif cukup tinggi yang melanda daerah menyebabkan kerawanan potensi bencana.

“Meski kejadian bencana tersebut belum sampai menimbulkan korban jiwa tetapi kami mengimbau warga tetap waspada kemungkinan terjadinya bencana,” katanya.

Ia menyebutkan selama Januari 2015 terjadi sebanyak 26 bencana sedang Februari 2015 tercatat 27 bencana.

“Adapun bencana ini lebih didominasi banjir dan rob tercatat sebanyak 32 kejadian, sedang tanah longsor 15 kejadian,” katanya.

Ia mengatakan pemkab melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2015 telah menyiapkan alokasi dana kondisi tanggap darurat bencana sebesar Rp2 miliar.

“Anggaran tanggap darurat ini bersifat insidental. Anggaran sebanyak Rp2 miliar tersebut akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur yang bersifat darurat yang dibutuhkan oleh masyarakat,” katanya.

Menurut dia, hujan deras yang melanda Kabupaten Pekalongan dalam beberapa hari terakhir ini mengakibatkan banjir, jembatan putus, dan jalan ambles sehingga hal itu perlu dilakukan perbaikan.

“Perbaikan pembangunan insfrastruktur yang bersifat darurat ini kami lakukan dengan harapan agar tidak terlalu mengganggu akses masyarakat yang dilanda bencana,” katanya.(ant/Bj02)