Home Headline 50 Ribu Alumni Sarang Bentuk Santri Gayeng

50 Ribu Alumni Sarang Bentuk Santri Gayeng

SEMARANG, 21/01 (Beritajateng.net) – Para santri alumni Pondok Pesantren Al Anwar Sarang Rembang membentuk tim pemenangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2018. Mereka tergabung dalam wadah bernama Santri Gayeng ini telah membentuk kepengurusan di seluruh kabupaten kota di Jateng.

Ketua Pelaksana Harian Santri Gayeng MA Haidar Buchori mengatakan, selama ini alumni Sarang telah terwadahi dalam Himpunan Alumni Al-Anwar Sarang (HIMMA). Namun khusus untuk pemenangan Ganjar-Yasin membentuk struktur baru bernama Santri Gayeng.

“Tanggal 15 Januari kemarin sudah kami bentuk dan tunjuk koordinator tiap kabupaten, hari ini lanjut pembentukan struktur kecamatan,” katanya, usai peresmian Posko Ganjar Yasin di Desa Kapencar, Kertek, Wonosobo, Minggu (21/1).

Santri Gayeng juga akan diperkuat dengan jaringan santri dari dua pondok besar di Kediri. Yakni Ponpes Al Falah Ploso Kediri dan Pondok Pesantren lirboyo Kediri.

“Alumni Ploso dan Lirboyo juga sudah meunggu, tapi karena kami secara resmi belum sowan ke sana maka belum berani membentuk meski teman-teman alumni di sana sudah menunggu,” katanya.

Haidar optimis dengan gerakan santri akan mampu memenangkan Ganjar-Yasin ke kursi gubernur dan wakil gubernur Jateng. Untuk alumni Sarang saja saat ini sudah ada sekitar 50 ribu santri. Mereka tersebar di seluruh pelosok Jateng.

“Alumni Sarang itu rata-rata punya pondok yang santri dan jamaahnya dari ratusan sampai ribuan, ada yang cuma kyai langgar tapi jamaahnya sudah pasti di dua tiga RT, siap bergerak semua,” katanya.

Maka gerakan yang solid dari para santri ini diharapkan akan membawa kemenangan signifikan bagi Ganjar-Yasin. Sebab tidak hanya kaum santri yang diorganisir, mereka juga bergerak ke kampung dan lingkungannya masing-masing.

“Dalam waktu dekat kami akan bikin acara besar mengundang seluruh Santri Gayeng dan para kyai baik Mbah Maimoen maupun dari Ploso dan Lirboyo,” katanya.

Ketua Santri Gayeng Wonosobo Muhammad Wafi Muq’tikun menambahkan, untuk Wonosobo sudah ditunjuk koordinator Santri Gayeng tiap kecamatan. Mereka bertugas mengkoordinasikan simpul-simpul pondok di seluruh Wonosobo.

“Jumlah alumni Sarang di Wonosobo ada sekitar 100-an, rata-rata punya pesantren, per kecamatan ada yang sampai tujuh pesantren,“ katanya.

(NK)