Home Lintas Jateng 400 Orang Ikuti Lomba Lukis Tong Sampah

400 Orang Ikuti Lomba Lukis Tong Sampah

image
Foto: magelangkota.go.id

Magelang, 26/4 (Beritajateng.net)-Sedikitnya 400 orang mengikuti lomba lukis tong sampah se eks-Karesidenan Kedu yang digelar di Taman Badaan Barat Kota Magelang, Minggu pagi (26/04/2015). Lomba yang diselenggarakan oleh Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Magelang ini, dalam rangka memotivasi masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

Kepala KLH Machbub Yani Arfian, mengatakan, tujuan lomba ini juga dalam rangka menggali kreativitas seni anak maupun orang dewasa melalui media melukis dengan tema lingkungan hidup dan kecintaan terhadap Kota Magelang.

“Ini sebagai upaya mengembangkan wawasan bagi remaja dalam melihat persoalan lingkungan di masa sekarang ini,” kata Machbub.

Wali Kota Magelang Ir Sigit Widyonindito MT saat membuka lomba tersebut berharap, kegiatan ini bisa  bisa menggugah masyarakat untuk terbiasa menerapkan budaya bersih yakni dengan membuang sampah pada tempatnya.

“Budaya bersih itu kan attitude kita. Gaya hidup ini harus dibiasakan agar lingkungan disekitar kita bisa terjaga kebersihan dan keindahannya,” ujar Sigit.

Sementara panitia lomba, Donni August Sadoni menambahkan, lomba ini terdiri dari tiga kategori peserta, yakni pelajar SD/MI dan SMP/MTs, Pelajar SMA/SMK dan mahasiswa, serta masyarakat umum.

Dalam lomba ini peserta membawa alat melukisnya sendiri-sendiri, karena tong sudah disiapkan oleh pihak panitia. Sedangkan untuk untuk kriteria penilaiannya yaitu kesesuaian tema, original karya, komposisi bentuk (seni) dan  kreativitas.

“Para pemenang akan mendapat piala dan uang pembinaan. Juara pertama Rp 1.750.000, kedua Rp 1.250.000, dan ketiga Rp 1.000.000 dengan total hadiah Rp 12 juta,” terangnya.

Nantinya, tong sampah hasil dari lomba ini akan ditempatkan di sejumlah tempat umum, sekolah, perkantoran dan lingkungan perumahan.(magelangkota.go.id)