Home Headline 340 PNS Tersangkut Masalah Hukum

340 PNS Tersangkut Masalah Hukum

Foto/ist

Solo, 12/12 (Beritajateng.net) – 340 pegawai negeri sipil di lingkungan Kementerian Dalam Negeri tersangkut masalah hukum.

Oleh karena itu, pada acara saresehan Mendagri dengan jajaran Pemkot Surakarta, Kamis, Tjahjo meminta seluruh pegawai negeri sipil (PNS) dalam menjalankan tugasnya lebih berhati-hati dan menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Alumnus Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) Semarang itu mencontohkan penangkapan Gubernur Riau Annas Maamun oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Itu yang terakhir di jajaran Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri). Namun, ternyata masih ada lagi, yaitu Ketua DPRD Kabupaten Bangkalan Fuad Amin Imron,” kata Mendagri Tjahjo KUmolo yang didampingi Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo.

Pelanggaran tersebut, lanjut Tjahjo, memang penangannya merupakan tugas dari KPK, kejaksaan, dan Polri. Akan tetapi, hendaknya sebelum dilakukan penangkapan terlebih dahulu dilakukan pembinaan.

Ia mencontohkan kasus yang melibatkan mantan Bupati KaranganyarRina Iriani S.R. yang ternyata rentetannya relatif cukup panjang.

“Saya secara pribadi juga terkejut setelah melihat daftar yang harus ditangani adanya persoalan ini ternyata melibatkan 32 orang pejabat yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karanganyar yang akan diperiksa kejaksaan,” kata Tjahjo.

Untuk menghindari masalah-masalah penyalahgunaan tersebut, Mendagri memandang perlu penyusunan APBD secara transparan sehingga semua pihak bisa mengontrolnya.

Tjahjo menyebutkan sejumlah masalah yang rawan penyelewengan, yaitu pengadaan barang, penyusunan APBD, dan lain-lain.(ant/ss)