Home News Update 30 Ormas dan LSM Dukung Sigit Ibnugroho

30 Ormas dan LSM Dukung Sigit Ibnugroho

image

Semarang, 10/6 (BeritaJateng.net) – Bursa pemilihan Wali Kota Semarang semakin memanas. Hari ini Rabu (10/6) Gabungan 30 organisasi kemasyarakatan (ormas) dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Kota Semarang menyatakan dukungannya terhadap bakal calon wali kota Sigit Ibnugroho.

“Ada sekitar 30 ormas dan LSM menyatakan mendukung Pak Sigit sebagai calon wali kota Semarang untuk periode lima tahun mendatang,” kata koordinator gabungan ormas dan LSM Aris Munandar di Semarang, Rabu (10/6).

Hal itu diungkapkan Ketua Barisan Relawan Jalan Perubahan (Bara-JP) Kota Semarang itu usai deklarasi dukungan gabungan ormas dan LSM terhadap salah satu bakal calon wali kota Semarang tersebut.

Ormas dan LSM yang menyatakan dukungannya pada Sigit, kata dia, di antaranya Bara-JP, Gerakan Elemen Masyarakat Semarnag (Gemas), dan sejumlah paguyuban pedagang kaki lima (PKL) di Kota Semarang.

“Ini merupakan bagian gerakan kawan-kawan ormas dan LSM untuk mencari sosok pemimpin baru yang lebih baik. Sebagai ormas dan LSM menjadi tugas kami untuk mengawasi kinerja pemerintahan,” katanya.

Kemunculan sosok alternatif sebagai kepala daerah di beberapa daerah, seperti Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Wali Kota Bandung Ridwan Kami, kata dia, menjadi inspirasi bagi Kota Semarang.

“Kami ingin sosok pemimpin yang kuat dan hebat seperti Tri Rismaharini di Surabaya, Ridwan Kamil di Bandung, atau Basuki Tjahaja Purnama di Jakarta. Masyarakat merindukan pemimpin seperti itu,” katanya.

Sementara itu, Sigit Ibnugroho mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan gabungan ormas dan LSM di Kota Semarang itu karena keberadaan mereka sangat penting untuk mengawal pemerintahan.

Ia mengatakan selama ini ormas dan LSM cenderung dianggap selalu mengkritisi, mencari-cari kesalahan, dan tidak mendukung pemerintah, padahal keberadaan mereka penyeimbang pemerintahan.

“Ketika misalnya, wali kota dan DPRD tidak mampu lagi amanah maka ormas dan LSM ini yang muncul untuk mengingatkan pemerintah. Masukan ormas dan LSM sangat dibutuhkan oleh pemerintah,” katanya.

Dengan pengawasan ormas dan LSM, kata dia, jalannya pemerintahan menjadi lebih terarah dan mencapai hasil yang lebih optimal sehingga keberadaan dan peran ormas serta LSM sangatlah dibutuhkan.

“Saya tadi banyak mendapatkan masukan dari kawan-kawan ormas dan LSM bagaimana membangun Semarang menjadi lebih baik,” kata kandidat yang mendaftar dari koalisi Gerindra-Partai Amanat Nasional (PAN) itu. (BJ05)