30 Juta UMKM Ditargetkan Masuk Ekosistem Digital

SURAKARTA – Pemerintah menargetkan sebanyak 30 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masuk ke ekosistem digital menyusul perkembangan sektor tersebut di dalam negeri.

“Awalnya waktu kita dengan e-commerce sepuluh tahun lalu hanya 8 juta UMKM yang terhubung (dengan ekosistem digital),” kata Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki di sela live shopping bertema #FlexingLokal yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Grup GoTo untuk memeriahkan acara peringatan Hari UMKM Nasional 2023 di Pamedan, Pura Mangkunegaran Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu.

Selanjutnya, ia mengatakan pandemi COVID-19 ternyata membawa berkah bagi dunia digital dalam negeri. Menurut dia, banyak orang yang hijrah untuk lebih memilih berbelanja melalui daring dibandingkan langsung ke toko atau pasar.

“Ada perubahan perilaku pada konsumen, sekarang ada 22 juta UMKM yang tergabung dalam ekosistem digital,” katanya.

Ia mengatakan angka tersebut akan terus meningkat seiring dengan target pemerintah untuk mendorong 30 juta UMKM masuk ke dalam ekosistem digital.

“Saya juga berharap melalui digitalisasi UMKM ini, para pengusaha lokal dapat mengembangkan pasar dan menjangkau lebih banyak pelanggan, serta naik kelas. Ayo kita cintai, beli dan konsumsi produk-produk lokal,” katanya.

Pada acara tersebut, Teten juga berkesempatan ikut menawarkan sejumlah produk asli dari Solo, di antaranya kebutuhan bayi dan produk kecantikan.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengucapkan terima kasih kepada menteri Teten karena Solo sudah dipercaya sebagai tuan rumah Hari UMKM Nasional.

“Tadi di live shopping produk asli Solo sebagian besar juga sudah sold out, UMKM harus naik kelas dan kami akan membimbing yang masih merangkak,” katanya.

Sementara itu, Presiden E-Commerce GoTo Melissa Siska Juminto mengatakan Tokopedia PLAY menjadi salah satu contoh dari inovasi teknologi GoTo melalui Tokopedia sebagai sarana promosi UMKM yang saat ini makin diminati oleh pelanggan.

“Kota Medan, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surabaya, dan Kabupaten Sidoarjo tercatat sebagai beberapa daerah dengan jumlah penonton Tokopedia PLAY tertinggi selama semester I 2023,” katanya.(ant)

 

Leave a Reply