24 Mahasiswa Unsoed Ikuti KKN Internasional 2023 di Malaysia

BANYUMAS – Sebanyak 24 mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional Tahun 2023 di Malaysia.

Serah terima mahasiswa peserta KKN Internasional antara Unsoed dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur berlangsung di Hall Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), Malaysia, Kamis (27/7), dihadiri oleh para mahasiswa, staf KBRI dan SIKL, serta tokoh-tokoh terkait.

Penyerahan secara resmi mahasiswa KKN Internasional Unsoed dilakukan oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unsoed Prof. Dr. Ir Elly Tugiyanti kepada Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Prof. Dr. Muhammad Firdaus.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Tim Pelaksana KKN Internasional Unsoed Ahmad Sabiq yang pekan sebelumnya telah tiba di Kuala Lumpur bersama para mahasiswa untuk memastikan proses penempatan mahasiswa di 7 lokasi Sanggar Bimbingan di Malaysia berjalan lancar.

Pada KKN Internasional perdana tersebut, Unsoed menugaskan 24 mahasiswa terpilih dari berbagai fakultas dengan peserta terbanyak dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebanyak 12 orang yang terdiri atas Abishay Muhammad Maulidio, Aziel Alphasyah Ramadhan, David Yoanedi Putra, Fathurahman Nurwan, Fitriananda Arifa, Iftah Nurdiana, Nabila Alifiani Prasetyo, Pandu Putra Ritonga,  Wydia Pramodawardhani, Yaser Alkadri, Yulia Mar’atus Sholichah, dan Zalfaa Verita Aurellia.

Selanjutnya peserta dari Fakultas Hukum sebanyak empat orang terdiri atas Annisa Candra Ramadhanti, Bulan Raina Putri Permana, Nathalie Prasetya Putri, dan Reza, sedangka peserta dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) terdiri atas Bintang Kurnia Putranto dan Sheila Salsabila Rosyada.

Selain itu, Irfania Rahmani dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Reshaina Dewi Azizah dari Fakultas Kedokteran, Rieftian Hamdi Shepta dari Fakultas Peternakan, Risjad Halim dari Fakultas Pertanian, Tasya Putri Lestari dari Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, serta Zahradhiya Amalia dari Fakultas Biologi.

Dalam kesempatan itu, Prof. Dr. Ir Elly Tugiyanti menyampaikan rasa bangganya atas semangat para mahasiswa Unsoed dalam menjalankan KKN Internasional di Kuala Lumpur.

Dia mengharapkan pengalaman berharga ini akan membawa dampak positif bagi pengembangan pengetahuan dan keterampilan para mahasiswa serta mempererat hubungan antarbangsa.

“Program KKN Internasional ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat di Sanggar Bimbingan dan membuka wawasan mahasiswa tentang realitas sosial yang kompleks,” ungkapnya.

Sementara itu, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Prof. Dr. Muhammad Firdaus menyambut hangat para mahasiswa Unsoed dan menghargai partisipasi mereka dalam program tersebut.

Ia mengharapkan apa yang dijalankan oleh mahasiswa KKN dapat berdampak positif bagi anak-anak bangsa yang saat ini tinggal di Malaysia dan dapat menjadi bekal berharga bagi mereka dalam membangun masa depan yang lebih baik.

Sebelum serah terima  berlangsung, Ketua LPPM Unsoed dan Ketua Tim Pelaksana KKN Internasional berkesempatan bertemu Kepala Sekolah SIKL untuk membicarakan kerja sama lanjutan dalam riset dan pengabdian masyarakat pada Sanggar Bimbingan di Malaysia.

Kegiatan Serah Terima KKN Internasional Unsoed 2023 menandai berjalannya kolaborasi pendidikan lintas negara yang memberi inspirasi bagi masa depan pendidikan dan pengembangan pengetahuan untuk kemanfaatan semua kalangan.(ant)

Leave a Reply