Home Hukum dan Kriminal 212 Korban Kecelakaan di Jember Tewas

212 Korban Kecelakaan di Jember Tewas

Jember, 31/12 (Beritajateng.net) – Aparat Kepolisian Resor Jember, Jawa Timur, mencatat sebanyak 212 korban kecelakaan di kabupaten setempat meninggal dunia, selama tahun 2014.

“Jumlah kecelakaan di Jember tercatat sebanyak 932 kasus dengan korban meninggal dunia mencapai 212 orang,” kata Kapolres Jember, Sabilul Alif, dalam rangka peluncuran Aksi Keselamatan Menuju Indonesia Tertib di alun-alun kota setempat, Rabu.

Menurut dia, terdapat tiga faktor utama penyebab kecelakaan di jalan raya yakni faktor manusia, kendaraan, dan faktor jalan.

“Faktor lingkungan seperti kemacetan dan cuaca bisa saja menjadi penyebab kecelakaan, namun sebagian besar kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia,” tuturnya.

Sabilul mengaku prihatin banyaknya korban jiwa yang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas dan cenderung meningkat setiap tahunnya.

“Angka kematian global survei dari WHO sangat tinggi, tercatat sebanyak 1,24 juta jiwa meninggal dunia setiap tahun akibat kecelakaan,” paparnya.

Untuk itu, lanjut dia, Polres Jember meluncurkan aksi keselamatan berlalu lintas dengan tema “Menuju Indonesia Tertib, Bersatu Keselamatan Nomor 1”.

“Saya imbau warga Jember untuk turut menjaga ketertiban berlalu lintas dengan menaati aturan dan rambu-rambu lalu lintas yang sudah terpasang,” ucap mantan Kapolres Bondowoso itu.

Peluncuran aksi keselamatan berlalu lintas bertema “Menuju Indonesia Tertib, Bersatu, Keselamatan Nomor 1” digelar secara serentak di seluruh jajaran polres di wilayah Jatim.

Beberapa rangkaian kegiatan dalam acara tersebut di antaranya peluncuran program dengan sandi “Politik” yang berarti Polwan Patroli Cantik yang ditandai pemasangan selempang dan penyerahan sepeda motor matic secara simbolis oleh Kapolres kepada dua personel polwan yang ditunjuk.

Kemudian penyerahan piala Kawasan Tertib Berlalu Lintas (KTL) yang diberikan Kapolres kepada Bupati Jember MZA Djalal karena Jember meraih juara terbaik urutan kedua se-Jatim pada Lomba KTL yang diadakan oleh DLAJR Jatim 20-22 November 2014 di Surabaya.(ant/bj03)