Home Ekbis 2018 Operasional, Pembangunan Bandara Semarang Terus Dikebut

2018 Operasional, Pembangunan Bandara Semarang Terus Dikebut

Semarang, 23/12 (BeeitaJateng.net) – Empat paket pembangunan Bandara Ahmad Yani Semarang hingga saat ini masih terus berjalan dan diharapkan dapat selesai pada tahun 2018.

“Terkait pembangunan bandara ini ada empat paket yang kami kerjakan, untuk paket satu adalah perbaikan lahan dan akses jalan, paket kedua adalah apron dan akses untuk taksi, paket ketiga pekerjaan terminal, dan paket keempat adalah bangunan terminal dan fasilitas penunjang,” kata Pimpinan Proyek Pembangunan Bandara Ahmad Yani Semarang Toni Alam di Semarang.

Dikatakannya, sejauh ini pelaksanaan untuk paket satu sudah berjalan dan ditargetkan dapat selesai pada bulan Juni 2017.

“Kalau sesuai dengan jadwal awal seharusnya selesai di bulan Desember tahun ini tetapi karena ada tambahan item pekerjaan jadi waktu penyelesaian kami perpanjang hingga Juni tahun depan,” katanya.

Sedangkan untuk paket dua sudah selesai dikerjakan hingga 100 persen. Penyelesaian sendiri sudah dilakukan sejak bulan Juli 2016.

“Mengenai paket dua ini sudah dilakukan serah terima pekerjaan namun belum dioperasikan karena nanti akan disinkronkan dengan selesainya paket tiga dan empat,” katanya.

Selanjutnya, untuk paket tiga atau merupakan proyek utama dalam pengembangan bandara ini sedang dalam proses tender yang dilakukan langsung di kantor pusat.

Sesuai dengan rencana, pada bulan Januari-Februari tahun depan akan ditandatangani kontrak kerja. Selanjutnya di kisaran akhir Februari atau awal Maret sudah dapat dimulai pengerjaannya.

“Diharapkan, untuk pembangunan paket tiga ini dapat selesai di bulan Agustus 2018,” katanya.

Untuk paket empat saat ini sedang dalam proses finalisasi desain. Berdasarkan rencana, pada bulan Januari 2017 proses tender akan mulai dilakukan.

“Jika proses tender ini berjalan lancar maka di bulan Mei pembangunan dapat dimulai dan diharapkan dapat selesai di sekitar bulan September atau Oktober 2018,” katanya. (EL)

Advertisements