Home Headline 17.850 Botol Miras Dimusnahkan Bea Cukai

17.850 Botol Miras Dimusnahkan Bea Cukai

635

Semarang, 17/11 (BeritaJateng.net) – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta melakukan pemusnahan barang hasil dari penindakan di tahun 2015 atau selama kurun waktu satu tahun.

Pemusnahan barang-barang tersebut merupakan hasil penindakan yang dilakukan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) Tanjung Mas Semarang yang telah ditetapkan sebagai Barang Milik Negara (BMN).

Pemusnahan dilakukan di pelataran gudang tempat penimbuan pabean Semarang, Selasa (17/11) siang. Turut hadir pula pihak dari Dit Reskrimsus (Direktorat Reserse Kriminal Khusus) Polda Jawa Tengah.

Sebanyak 32 Juta liter MMEA (minuman mengandul etil alkohol) dalam kemasan 17.850 botol dimusnahkan dengan cara digilas menggunakan alat berat.

Selain itu, beberapa barang lain yang ikut dimusnahkan diantaranya produk garment, farmasi, herbal, airsoftgun, senjata tajam, sparepart senjata api dan CD/DVD serta buku impor yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pemusnahan Barang Bukti

Sementara itu, Kepala Kanwil DJBC Jawa Tenah dan DIY, Untung Basuki memaparkan pihaknya telah bekerjasama dengan institusi penegak hukum terkait, dalam hal ini Polri dan Kejari.

“Kita musnahkan barang-barang tersebut. Sebab kalau tidak terkontrol dapat menimbulkan keresahan di masyarakat. Selain itu bisa menggangu industri dalam negri, kalau itu terjadi maka dampaknya akan menimbulkan PHK,” paparnya.

Lanjut Untung, pihaknya terus melakukan pengawasan berdasarkan analisa data-data dalam negri.

Sebelumnya, pada bulan Juni dan Juli 2015, KPPBC TMP Tanjung Mas telah menggagalkan penyelundupan shabu-shabu (methampethamine) seberat 1.227,5 gram atau senilai Rp. 3,6 Miliar.

“Kalau berkaitan dengan narkoba kita serahkan ke Polda Jateng,” pungkas Untung. (Bjt02)