Home Lintas Jateng 16 Kios Kanjengan Terbakar, Pemkot Semarang Lakukan Langkah Ringankan Beban Korban

16 Kios Kanjengan Terbakar, Pemkot Semarang Lakukan Langkah Ringankan Beban Korban

Semarang, 18/6 (BeritaJateng.net) – Kebakaran yang melanda 16 los kios dari 20 kios buah pasar Kanjengan Blok E sudah mulai padam. Mendengar kabar terjadinya kebakaran, Wakil Walikota Semarang langsung meninjau lokasi pasar Kanjengan.

Dengan menaiki mobil damkar, Ita–sapaan akrab Hevearita Gunaryanti Rahayu memberi arahan kepada pedagang korban kebakaran agar tidak panik.

“Tadi saya kesana jam 10 lebih, dan ruko yang terbakar ada sebanyak 13 buah dari 20 ruko. Api diduga dari arus pendek dari ruko yang kosong,” jelas Ita usai meninjau lokasi.

Langkah preventif untuk meringankan korban kebakaran segera diambil. “Saya sudah minta kadinas pasar untuk menginventarisir barang-barang yang terbakar dan mendata jumlah pasti yang terbakar,” terangnya.

Berkaca dari kejadian kebakaran di pasar Johar sebelumnya, Ita langsung menugaskan dinas terkait untuk terjun menangani dan menginventarisir.

“Nanti kami akan melakukan mekanisme seperti waktu pasar Yaik terbakar. Apabila ada yang memang punya pinjaman di bank, kami akan membantu untuk berkomunikasi dengan pihak bank agar untuk sementara waktu tidak membayar angsuran. Sedang bentuk bantuan dari pemkot kami menunggu arahan dari pak Walikota,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Semarang Hendrar Prihadi ketika dikonfirmasi, ia masih berada di Jakarta. Terkait kebakaran pasar kanjengan mengatakan telah meminta dinas terkait untuk turun langsung ke lokasi.

“Info yang saya terima, dari total 20 Los di pasar kanjengan Blok E, sekitar 13 Los terkena kebakaran, untuk total kerugian sendiri kami masih menunggu perhitungannya”, jelas Hendrar.‎

‎Ketika ditanya rencana Pasca kebarakan, Hendrar Prihadi sendiri mengatakan akan melakukan koordinasi Intens dengan dinas pasar dan dinas terkait guna mencari solusi terbaik. (Bj05)