Home News Update 15 Partai Politik Lolos Verifikasi KPU Jawa Tengah

15 Partai Politik Lolos Verifikasi KPU Jawa Tengah

Penandatanganan Hasil Rekapitulasi verifikasi partai politik calon peserta pemilu 2019
**PKPI Tak Memenuhi Syarat 75 Persen dan Tak Lolos Verifikasi
     Semarang, 11/2(Beritajateng.net) – Sebanyak 16 Partai Politik calon peserta pemilu 2019 di Jawa Tengah dinyatakan memenuhi syarat dan lolos verifikasi oleh KPU Jawa Tengah.
       Hanya satu partai yang tak memenuhi persyaratan total 75 persen yakni Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Hasil verifikasi tersebut telah ditandatangani bersama oleh KPU Jateng dalam acara Rekapitulasi verifikasi partai politik calon peserta pemilu 2019 di Gedung Poncowati Hotel Patra Semarang, Minggu.
       Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan bahwa proses rekapitulasi yang dimulai dari kepengurusan hingga keanggotaan di semua tingkatan telah terverifikasi, 16 partai politik di Jateng telah terverifikasi dan hanya satu yang tidak memenuhi ketentuan 75 persen kepengurusan kabupaten kota di Jateng. Hasil tersebut pada tanggal 14 -17  Februari 2018 akan direkap secara Nasional di KPU RI.
        Partai Politik di Jawa Tengah yang terverifikasi oleh KPU Jateng diantaranya yakni, partai Nasdem, PKB, PKS, PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PPP, Hanura, Partai Bulan Bintang, Partai Berkarya, Partai Garuda, Perindo, Partai Solidaritas Indonesia, sementara untuk partai politik yang tidak lolos verifikasi di Jateng yaitu PKPI.
        “Dengan ketentuan undang-undang seluruh partai politik harus memenuhi persyaratan,  seperti kepengurusan harus di 100 persen di propinsi se-Indonesia harus lolos, 75 persen kepengurusan di kabupaten kota se-Propinsi harus lolos, kemudian keanggotaanya di seluruh kabupaten kota harus ada kepengurusannya,” terangnya.
        Lanjutnya, tahun ini di Jakarta akan segera direkap seluruhnya, namun keputusan akhir ada setelah rapat pleno di KPU RI.
         “Begitu KPU RI telah memutuskan akhir, seluruh partai politik yang lolos dapat mengikuti dan sah sebagai peserta pemilu 2019 di seluruh wilayah Indonesia,” tambahnya. (AK/El)