Home News Update 109.999 Calon Mahasiswa Mendaftar di Unnes

109.999 Calon Mahasiswa Mendaftar di Unnes

Unnes

Semarang, 3/8 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 109.999 calon mahasiswa mendaftar di Universitas Negeri Semarang (Unnes) melalui 3 jalur. Jumlah tersebut meliputi pendaftar jalur SNMPTN 52.121, Jalur SBMPTN 48.595, dan jalur Seleksi Mandiri Unnes 9.283.

Jumlah tersebut diungkapkan oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Rustono., MHum, Senin (3/8) pagi di Rektorat Kampus Unnes, Sekaran, Gunungpati.

“Unnes menerima 6.160 mahasiswa dengan rincian 50% melalui Jalur SNMPTN, 30 % melalui Jalur SBMPTN, dan 20 % melalui Jalur Seleksi Mandiri. Kalau diambil rata-rata tingkat persaingan masuk Unnes tahun ini 1 banding 18. Namun tingkat persaingan berbeda-beda tiap prodi,” jelas Prof. Rustono.

Begitupun peserta yang mengikuti tes tertulis Seleksi Mandiri (SM) Unnes ada sebanyak 9.273 menyebar di 21 lokasi di Semarang.

Rektor Unnes, Prof. Dr. Fathur Rokhman., MHum menyampaikan jumlah peserta sebanyak itu terdiri atas 2.457 peserta seleksi sains dan teknologi (Saintek), 5.820 peserta seleksi sosial humaniora (Soshum), dan 996 peserta seleksi campuran.

Prof. Fathur juga menjelaskan, tes tertulis meliputi tes kemampuan dasar (TKD) dan tes kemampuan potensi akademik (TKPA). Untuk Saintek TKD meliputi Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Sedangkan Soshum (matematika, geografi, ekonomi, sejarah, serta sosiologi dan antropologi).

Menurut Prof. Fathur, lokasi tes tersebar di seluruh fakultas di lingkungan Unnes termasuk Program Pascasarjana. Sedangkan sekolah yang digunakan, yakni SMAN 5, SMAN 12, SMA Kesatrian 1, dan SMPN 13.

Prof. Fathur menjelaskan, secara keseluruhan pelaksanaan tes tertulis Seleksi Mandiri yang diikuti ribuan peserta dan tersebar di beberapa lokasi pada hari Minggu, (2/8) kemarin tidak ada kendala sehingga berjalan tertib dan lancar.

Prof. Fathur menambahkan, bagi peserta Seleksi Mandiri yang memilih program studi (prodi) olahraga dan seni diwajibkan mengikuti ujian keterampilan yang dilaksanakan pada hari ini, Senin (3/8) pagi pukul 07.00 WIB. Peserta yang memilih prodi olahraga tes di Fakultas Ilmu Keolahragaan dan yang memilih seni di Fakultas Bahasa dan Seni.

“Jumlah pendaftar Unnes tahun 2015 mengalami peningkatan dari tahun lalu. Lonjakan peminat yang mendaftar di Unnes karena mereka tertarik terhadap kredibilitas dan kualitas program studi yang ada serta prestasi yang dicapai Unnes,” pungkas Prof. Rustono. (BJT01)