Home Headline Yustisi PPKM, Warga Tlogosari Tak Pakai Masker di Sanksi Push Up dan...

Yustisi PPKM, Warga Tlogosari Tak Pakai Masker di Sanksi Push Up dan Hafalkan Pancasila

161

Semarang, 11/1 (BeritaJateng.net) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) Kota Semarang melakukan yustisi penegakan protokol kesehatan di hari pertama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Swnin (11/1) malam.

Dari yustisi tersebut, didapati puluhan warga di kompleks perumahan Tlogosari tak acuh dan tak memakai masker.

Dalam pantauan di lapangan, razia itu berlangsung sejak pukul 20.00 – 21.00 Wib. Dari razia itu, terpantau kalangan anak muda mendominasi menjadi pelanggar Tak Pakai Masker.

Ada juga pelanggar lain yakni kalangan orang tua dan anak usia sekolah. Razia itu pun tak berjalan datar. Pasalnya sempat diwarnai aksi nekat pelanggar dengan menggeber gas kendaraan hingga nyaris menabrak petugas.

Dari informasi yang dirangkum tim dari Satpol PP, razia itu berhasil menjaring 87 pelanggar.

Para pelanggar pun mendapat sanksi beragam dari Satpol PP, ada yang diperintahkan olahraga di tempat, menyanyikan lagu kebangsaan dan melafalkan Pancasila

Kepala Satpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan, pihaknya merasa prihatin terkait tingginya jumlah pelanggar itu, apalagi didominasi kalangan anak muda. Fajar menduga mereka yang Tak Pakai Masker itu karena merasa jenuh dengan pandemi yang sudah melanda selama kurang lebih 10 bulan.

Fajar menegaskan, dalam razia periode selanjutnya, pihaknya bakal menggandeng Dinas Kesehatan Kota untuk sekalian digelar rapid test bagi para pelanggar. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya penularan corona.

“Hari hari selanjutnya kami akan ajak Dinas Kesehatan untuk sekaligus gelat tes rapid antigen atau yang sejenis. Injmi agar kita tahu seberapa banyak saudara saudara kita yang terpapar covid,” kata Fajar.

Sementara itu, salah seorang Pelanggar bernama Muhammad Alex (20) mengaku Tak Pakai Masker karena lupa. Ia pun merasa kapok setelah menerima hukuman dari Satpol PP berupa olahraga push up di tempat. (El)