Home News Update Yuk Kawal Pilwakot Dengan Ikut Rekruitmen Panwascam

Yuk Kawal Pilwakot Dengan Ikut Rekruitmen Panwascam

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

Semarang, 7/5 (BeritaJateng.net) – Panitia Pengawas (Panwas)Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kota Semarang  sudah memulai pengawasan dalam tahapan pilkada serentak 2015, termasuk melengkapi perangkatnya.

Ketua Panwas Kota Semarang, Muhammad Amin menyatakan 11 Mei sampai 15 Mei 2015, dibuka pendaftaran anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). “Perekrutan Panwascam untuk 16 Kecamatan di Kota Semarang ini kami lakukan agar kelengkapan lembaga terpenuhi. Termasuk nantinya untuk rekruitmen PPL dan Pengawas TPS yang ada di Kota Semarang,” kata Muhammad Amin, di ruang kerjanya, Kamis (7/5).

Dia berharap agar masyarakat berkomitmen untuk membantu penyelenggaraan pesta demokrasi di tingkat lokal ini, dengan mendaftarkan diri sebagai anggota Panwascam.

Adapun untuk syarat-syarat menjadi Panwascam adalah foto copy KTP yang masih berlaku, foto copy ijazah SLTA yang dilegalisir, pas photo warna terbaru ukuran 4×6 sebanyak (lima ) lembar, Daftar Riwayat Hidup (DRH), surat keterangan sehat dari puskesmas/ rumah sakit pemerintah.

Selain itu, surat peryataan bermatrei Rp 6.000 berisi tentang setia kepada Pancasila sebagai sebagai dasar negara UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus tahun 1945 (from B- 3), tidak pernah menjadi anggota partai politik atau tidak pernah menjadi anggota partai politik dalam jangka lima tahun terakhir (tulis salah satu) (from B-6).

Juga pernyataan tidak pernah pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara lima tahun lebih, bersedia bekerja penuh waktu, kesediaan untuk tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintah dan BUMN/BUMD selama masa keanggotaan apabilah terpilih  dan tidak berada dalam satu ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu.

Panwas Kota Semarang ini telah terbentuk dan dilantik oleh Bawaslu Provinsi Jawa Tengah  bersama-sama dengan 21 Kabupaten/Kota se Jawa Tengah pada tanggal 28 April 2015. Lembaga ad hoc kepanjangan tangan Bawaslu RI yang bertugas mengawasi pelaksanaan Pemilu itu setelah dilantik langsung dihadapkan pada tugas mengawasi pelaksanaan perekrutan PPK se Kota Semarang dan audensi dengan stakeholder terkait.

Lebih lanjut Muhammad Amin juga menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam mengawal dan mengawasi pelaksanaan tahapan-tahapan Pilkada serentak ini. Partisipasi itu bisa dalam bentuk masuk ke dalam organik Panwas seperti Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Petugas Pengawas Lapangan (PPL) atau menjadi pemantau/mitra pengawas Pemilu. (BJ)