Home Hiburan Yuk Buat Teropong Sederhana Untuk Melihat Gerhana Matahari

Yuk Buat Teropong Sederhana Untuk Melihat Gerhana Matahari

721
0
Siswa siswi berkreativitas membuat tetopong sederhana untuk melihat gerhana matahari.

Semarang, 8/3 (BeritaJateng.net) – Dalam menyambut moment gerhana matahari total siswa SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang pun dengan antusias ingin mengikuti. Gerhana matahari memang tak bisa dilihat dengan mata telanjang. Diperlukan alat tertentu agar mata manusia bisa melihat fenomena alam ini dengan aman. Namun alat canggih seperti teleskop masih belum terjangkau.

Alhasil, siswa pun menyiapkan teropong untuk menyaksikan fenomena alam yang akan terjadi pada Rabu (9/3/2016) esok hari meski di wilayah Indonesia hanya sebagian tempat akan terjadi. Untuk pulau Jawa sendiri hanya akan mengalami gerhana matahari sebagian yakni hanya sekitar 83 %.

“Menatap gerhana matahari secara langsung akan merusak mata. Cahayanya dapat membakar retina dan menyebabkan kebutaan,” ujar Muhammad Sabbardi, guru pembina saat memberikan penjelasan kepada para siswa binaannya.

Para siswi mempraktekkan cara meneropong dengan teropong sederhana buatan mereka
Para siswi mempraktekkan cara meneropong dengan teropong sederhana buatan mereka

Kegiatan ini dibuat sebagai media pembelajaran siswa dalam rangka menerapkan teori fisika dengan memanfaatakan barang bekas. Teropong yang disiapkan tidaklah canggih dan mahal.

Mereka cukup menyiapkan teropong sederhana yang terbuat dari bahan-bahan bekas, seperti kardus bekas susu, lakban, alumunium foil serta kertas HVS putih.

Namun jangan salah, meski “seadanya”, teropong karya siswa ini dapat berfungsi untuk menyaksikan gerhana matahari. Bahan-bahan tersebut dirangkai sedemikian rupa berdasarkan teori ilmu fisika.

“Ini teropong untuk melihat proses gerhana matahari, kami yang buat sendiri,” ujar Yunia Setianingrum, salah satu siswa kelas VIII usai mencoba teropong di halaman sekolah.

Yunia lantas menjelaskan cara kerja teropongnya. Untuk melihat gerhana dari lubang jarum yang nantinya gerhana akan kelihatan dari dalam kardus. Karena kalau melihat langsung akan merusak mata. (BJT01)