Home Headline Yayuk Basuki: UU SKN 2005 Perlu Revisi untuk Majukan Olahraga Nasional

Yayuk Basuki: UU SKN 2005 Perlu Revisi untuk Majukan Olahraga Nasional

310
0
UU SKN 2005 Perlu Revisi untuk Majukan Olahraga Nasional

Semarang, 13/4 (BeritaJateng.net) – Keberadaan undang-undang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN) No.3 Tahun 2005 belum menyejahterakan para atlet, sehingga masih perlu adanya revisi UU tersebut agar dapat berjalan dengan baik.

Hal ini disampaikan Yayuk Basuki Anggota Komisi X DPR RI di Semarang, Sabtu.

Yayuk mengatakan bahwa Undang-undang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN) No.3 Tahun 2005 masih belum berguna banyak bagi para atlet Indonesia, sistem undang-undang tersebut belum dapat memberikan manfaat penuh bagi permasalahan olahraga di Indonesia. Oleh karena itu masih perlu adanya revisi UU tersebut.

“Masih banyak atlet kita mengeluh dan sharing dengan ketidakjelasan seorang atlet, pelatih hingga pembinanya. Hal ini disebabkan masih ada kekurangan dalam adanya undang-undang SKN no.3 tahun 2005 ini, didalamnya tidak ada penjabaran detail yang dapat membantu bagi mereka atlet hingga Officialnya,” ungkap Yayuk.

Menurut Yayuk, kurangnya koordinasi antar lembaga, tumpang tindih lembaga terkait dan buruknya pengawasan karena pemerintah berperan sebagai regulator, eksekutor dan pengawas. Selain itu masih kurangnya perhatian pemerintah dalam pemberian penghargaan bagi atlet berprestasi, khususnya untuk pemberian jaminan hari tua, asuransi, hingga sarana dan prasarana bagi atlet.

“Saya selama 4 tahun ini telah memperjuangkan hal tersebut, dan revisi UU SKN no. 3 ini sangat perlu. Dan tahun 2018 kemarin sudah disetujui kementrian olahraga namun karena mendekati Asian Game akhirnya tertunda, maka saya terus akan memperjuangkan hal ini untuk menjadi anggota DPR RI kembali,” terangnya.

Lanjutnya, seharusnya pemerintah pusat maupun daerah perlu adanya meningkatkan anggaran APBN/APBD untuk pelaku olahraga yang memajukan prestasi olahraga baik tingkat daerah, nasional hingga internasional.

“Tidak optimalnya peran Undang-undang SKN ini perlu didorong agar segera direvisi, agar dapat menjadi landasan dalam memajukan olahraga nasional,” tambahnya. (AK/El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here