Home Life Style Yayasan Krisna Launching Mobil Layanan Bagi Lansia

Yayasan Krisna Launching Mobil Layanan Bagi Lansia

654
0
Mobil layanan lansia
Mobil layanan lansia

Semarang, 26/9 (BeritaJateng.net) – Usia senja tak lantas membatasi mobilitas orang tua lanjut usia (lansia). Para lansia yang tinggal di panti Wreda maupun rumah warga tidak akan merasa bosan karena tetap dapat bepergian untuk menikmati udara segar.

Misi tersebut hendak diwujudkan oleh Yayasan Krisna. Yaitu, organisasi nirlaba di bidang sosial yang bertujuan memberikan pelayanan bagi para lansia. Bermitra dengan Deutch Foundation Riaree, Yayasan Krisna mentargetkan lima unit mobil lansia pada tahun 2015 ini untuk mobilitas lansia di Provinsi Jawa Tengah.

“Konsep mobil lansia ini memang diperuntukkan bagi para lansia yang sudah tidak dapat bergerak leluasa dan menggunakan kursi roda. Kami memang siapkan fasilitas itu agar para lansia tidak hanya tinggal di panti wreda atau di rumah,” jelas Penanggung Jawab Yayasan Krisna, Bimo Tri Wicaksono saat peluncuran mobil lansia di Halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Sabtu (26/9) pagi.

Mobil khusus lansia ini merupakan mobil pertama ramah lansia di Semarang, tujuan adanya mobil ini untuk membantu lansia memberikan fasilitas untuk bisa pergi dan beraktifitas.

“Kami ingin membuat lansia melaksanakan kegiatan sehari-hari tanpa melihat kurang fisik yang mereka miliki, namun tetap bisa beraktifitas seperti biasa misal beraktifitas cek ke rumah sakit, ke tempat-tempat saudara, ambil uang pensiunan, liburan dan lain-lain,” kata Bimo.

Mobil lansia didesain sedemikian rupa agar kursi roda bisa masuk ke mobil untuk memudahkan lansia. “Kan banyak lansia yang membutuhkan kursi roda dalam aktivitas sehari-hari tapi terkendala sehingga kita melayani dengan transportasi ini,” katanya.

Mobil layanan lansia tersebut berkapasitas dua kursi roda baris kedua, dan baris ketiga untuk suster.

Untuk biaya operasional, Yayasan Krisna menerapkan subsidi silang. Panti wreda yang membutuhkan pelayanan mobil lansia akan didata terlebih dahulu. Panti wreda yang mampu akan membayar iuran sukarela, sementara panti wreda yang kurang mampu dapat menggunakan mobil lansia dengan gratis.

Mobil layanan lansia tersebut akan beroperasi 24 jam mulai 1 Oktober 2015 bersamaan dengan hari Lansia sedunia. Nomor telepon mobil layanan Lansia 08112727900 atau datang ke lokasi Yayasan Krisna di Jalan Veteran No. 7 Semarang.

Selain launching mobil layanan lansia juga dilaksanakan senam tera lansia dan dilanjutkan pemeriksaan, konsultasi darah, tensi dan cek kesehatan gratis. (Bj)