Home Ekbis XL Siapkan Layanan Transakai Digit

XL Siapkan Layanan Transakai Digit

image
XL menyiapkan layanan transaksi digital.foto/Ist

Surabaya, 7/1 (Beritajateng.net) – Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (XL) mempersiapkan layanan dengan melakukan transaksi secara digital (digital services) karena besarnya permintaan masyarakat terhadap perkembangan teknologi informasi tersebut.

Wakil Presiden Direktur XL, Dian Siswarini, menyatakan, upaya itu akan direalisasikan dengan mengubah cara berkomunikasi, layanan customer service, penjualan, dan metode pemasaran. Meski begitu, layanan dengan transaksi digital services itu menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi seluruh operator.

“Dengan demikian, saat ini digital services menjadi permasalahan sangat kompleks bagi seluruh pihak,” katanya, melalui video conference antara Jakarta, Surabaya, Denpasar, Rabu.

Menurut dia, langkah bisnis tersebut dilakukan mengingat tantangan industri telekomunikasi pada tahun 2015 sangat banyak. Khususnya persaingan ketat antaroperator di Indonesia.

“Untuk digital services itu rencananya kami akan mengambil perluasan bisnis di bidang e-commerce dan video content. Apalagi saat ini perkembangan video content masih secara tradisional,” ujarnya.

Oleh sebab itu, jelas dia, kini perseroan sedang menjajaki peluang pengembangan video content tersebut. Contoh adanya kemungkinan bahwa perusahaan itu akan membuka production house (PH).

“Seluruh strategi bisnis itu akan diwujudkan karena kini ada perubahan pola customer atau pelanggan XL. Mereka lebih suka berhubungan dengan operatornya secara online sehingga layanan akan difokuskan ke digital,” katanya.

Sementara itu, tambah dia, mengenai adanya wacana dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) yang meminta operator untuk menaikkan tarif data maka ketentuan tersebut disambut positif oleh perseroan. Bahkan, pihaknya memberi apresiasi bahwa melalui kenaikan tarif di bidang data pihak operator bisa menaikkan investasi di bidang infrastruktur.

“Dengan demikian, layanan kami bisa maksimal. Untuk itu, kami sangat apresiasif dengan wacana ini,” katanya.

Pada kesempatan sama, Deputy Chief Commerse Officer XL East dan North, Kencono Wibowo, mengemukakan, kini operator tersebut telah melakukan trial LTE 4G di sejumlah wilayah dan salah satunya di Surabaya. Akan tetapi dalam trialnya saat dinyalakan masih mengganggu jaringan 3G.

“Oleh karena itu saat ini LTE 4G belum kami optimalkan di Surabaya,” katanya.

Namun, lanjut dia, perseroan tetap akan melakukan persiapan infrastruktur jaringan dan pendukung termasuk kerja sama dengan vendor yang akan menyediakan telepon seluler pintar mendukung LTE 4G. Bahkan, termasuk menyiapkan pelanggan yang menjadi pasar LTE 4G.

“Di samping itu, kami juga masih menunggu penggunaan frekuensi 1.800 Mhz yang sedang diajukan ke pemerintah sebagai regulator. Kalau sekarang, yang masih digunakan LTE 4G XL masih di frekuensi 900 Mhz dan kami mengakui jaringan di frekuensi 900 Mhz juga hanya sedikit,” katanya.(ant/Bj02)