Home Ekbis XL Axiata dan Perum Damri Jalin Kerjasama Sediakan Informasi Penumpang Angkutan

XL Axiata dan Perum Damri Jalin Kerjasama Sediakan Informasi Penumpang Angkutan

XL AXIATA

Semarang, 22/10 (BeritaJateng.net) – PT XL Axiata Tbk. (EXCL) dan Perusahaan Umum Damri melakukan kerjasama menciptakan layanan aplikasi Passenger Information System yang dapat mempermudah calon penumpang melacak keberadaan bus.

Fungsi aplikasi juga memungkinkan pengguna untuk mengetahui kedatangan bis sehingga penumpang dapat menghemat waktu tanpa perlu mengantri di terminal.

Selain itu, aplikasi ini mempermudah transaksi pembelian tiket, memonitor anggota keluarga dengan smartphone yang sedang dalam perjalanan, memantau kondisi bus dan awak bus yang akan mengoperasionalkan bus.

Direktur Utama XL Dian Siswarini berharap sistem baru ini dikembangkan guna membantu meningkatkan kinerja Damri sebagai perusahaan transportasi terlama di Indonesia.

“Jenis transportasi yang hadir semakin beragam begitu juga tuntutan kualitas pelayanan dari pengguna semakin tinggi. XL melihat ini sebagai potensi untuk mengembangkan solusi berbasis (IoT) Internet of Things yang bisa dimanfaatkan oleh para penyelenggara jasa angkutan publik seperti Damri,” kata dia dari rilis yang diterima Bisnis, Kamis (22/10).

Pada tahap awal, aplikasi PIS itu akan dipasang pada 260 armada bus jalur Bandara Soekarno Hatta menuju ke bebrapa wilyah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabotabek) dan Jawa Barat. (Bj)