Home DPRD Kota Semarang Wow… Tunjangan Penghasikan PNS Pemkot Semarang Naik 75 Persen

Wow… Tunjangan Penghasikan PNS Pemkot Semarang Naik 75 Persen

paripurna

paripurna

Semarang, 24/8 (BeritaJateng.net) – Hal yang dinanti-nantikan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Semarang kini menjadi kenyataan. Pasalnya hari ini, Senin (24/8) melalui rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Semarang akhirnya menyetujui kenaikan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) 2016 sebesar 75 persen.

“Persetujuan nilai kenaikan TPP sudah diputuskan selanjutnya keputusan tersebut akan ditetapkan dalam rapat paripurna,” ujar Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi di Gedung DPRD Kota Semarang, Senin (24/8).

Menurut Supriyadi, dengan adanya kenaikan tersebut diharapkan kinerja PNS di lingkungan Pemkot ditingkatkan terutama pelayanan kepada masyarakat.

Supriyadi mengatakan, meski nilai kenaikan TPP tahun ini lebih kecil dari tahun sebelumnya, pihaknya berharap para PNS bukan hanya menginginkan kenaikan tunjangannya saja, namun juga harus disertai dengan peningkatan etos kerja.

“Kenaikan TPP ini bisa saja menimbulkan kecemburuan dikalangan PNS Kota Semarang. Karena ada SKPD yang mendapatkan insentif pungutan pajak dan retribusi namun juga ada yang tidak mendapatkan,” katanya.

Dengan kenyataan yang demikian, pihaknya berharap agar SKPD yang bersangkutan bisa memilih salah satu dari reward tersebut, bukan dua-duanya.

Pihaknya menambahkan, meski dewan setuju menaikkan TPP PNS, kedepan pada masing-masing SKPD untuk memberikan laporan hasil kinerja pegawainya, paling tidak tiga bulan sekali atau satu bulan sekali.

“Laporan itu bisa menjadi bahan evaluasi agar kami juga bisa mengetahui kinerja PNS secara keseluruhan,” tambahnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Wiwin Subiyono mengatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan untuk mengetahui dampak dari kenaikan TPP, baik itu dari sisi pelayanan maupun kinerja, mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga kantor dinas.

“Saya harap sesuai komitmen, jangan sampai ada pungutan diluar ketentuan. TPP sudah naik jadi pelayanan harus ditingkatkan,” katanya.

Sementara itu menurut Pj Walikota Semarang Tavip Supriyanto, alasan Pemkot mengajukan kenaikan TPP yakni untuk meningkatkan kesejahteraan PNS sekaligus mendongkrak kinerjanya. Adapun anggaran yang disiapkan untuk kenaikan TPP 2016 sebesar Rp.255 Milyar.

“Kita sudah rencanakan memang bahwa kenaikan TPP untuk tingkatkan kesejahteraan PNS. Ada dasar hukum dan peraturan menteri untuk pengajuan tersebut,” ujarnya usai rapat.

Namun nantinya lanjut Tavip, akan ada penghargaan bagi PNS yang berprestasi dalam kinerja sehingga besaran TPP akan berbeda pula diterima tiap PNS.

“Jadi yang malas-malasan dengan yang rajin serta berprestasi akan beda TPPnya. Secaraa teknis ada perhitungannya,” tambahnya. (Bj05)

1 COMMENT

Comments are closed.