Home Lintas Jateng Wow.. Simpanglima Bakal Jadi Centrum Jalur Taman Bunga 

Wow.. Simpanglima Bakal Jadi Centrum Jalur Taman Bunga 

simpanglima
Ilustrasi

Semarang, 17/9 (BeritaJateng.net) – Lapangan Pancasila atau yang biasa dinamakan lapangan Simpanglima Semarang rencananya akan dijadikan centrum taman bunga dari jalur Kalibanteng hingga Bangkong. Bahkan, rencananya akan dikembangkan pula koridor taman bunga di Simpanglima.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pertamanan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Semarang Budi Prakoso saat tinjauan Penjabat (Pj) Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto ke lokasi pembangunan rehab taman Simpanglima, Kamis (17/9).

Budi Prakoso mengatakan, pemkot Semarang akan mengembangkan jalur bunga dari Kalibanteng hingga Bangkong dengan titik centrum rencannaya berada di Simpanglima.

‘’Nanti akan dikembangkan untuk koridor bunga di bawah pohon-pohon yang ada di pinggir lapangan, agar Simpanglima menjadi estetis,’’ tutur Budi.

Selain taman bunga Simpanglima juga akan dibangun sumur resapan. Ada sebanyak 20 buah sumur resapan yang nanti akan dibangun. Menurut Budi Prakoso, keberadaan sumur resapan ini untuk mendukung go green berkaitan dengan air.

‘’Nantinya limpasan air ketika hujan di Simpanglima tidak terlimpas ke saluran, tetapi masuk ke sumur resapan yang nantinya sebagai pengisian air cadangan,’’ terangnya.

Selain itu, nantinya tempat olahraga basket dan volley di sana juga akan diperbaiki karena sudah terjadi kerusakan. Kemudian akan dipasang identitas baru yaitu berupa tulisan “SIMPANGLIMA”.

‘’Jadi intinya supaya Simpanglima tidak hanya kelihatan lapangan, tapi juga ada estetikanya dengan adanya jalur bunga yang dikembangkan di sekelilingnya,’’ tegas Budi Prakoso.

Speling yang dibuat dari batu hitam di lantai trotoar Simpanglima juga akan direndahkan menjadi setengah centimeter, karena kondisi speling saat ini dianggap telalu tinggi. Supaya tetap ada estetikanya di lantai trotoar tetapi tidak mengganggu pejalan kaki yang lewat di trotoar.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto mengatakan, pembangunan rehab taman Simpanglima ini diharapkan bisa dilaksanakan sesuai dengan spesifikasi. Dan dapat selesai dikerjakan tepat waktu, sehingga akan membantu penyerapan anggaran daerah.

‘’Kami berharap adanya sumur resapan akan mengurangi banjir di Simpanglima. Dan mendukung penataan Simpanglima semakin baik,’’ jelasnya.

Tavip yang melakukan pantauan menyatakan pelaksanaan pembangunan sudah sesuai dengan perencanaan. Sehingga optimis bisa selesai sesuai waktu pada Bulan Desember. Harapannya, ke depan setelah jadi masyarakat juga bisa ikut merawat dan menjaga kebersihannya.

Ditempat yang sama, Konsultan Pengawas Lapangan CV Piramida Kreasi Mandiri, Krisna Hadi Pranata mengatakan, progres pembangunan saat ini sudah mencapai 10 persen dari target sesuai perencanaan hanya 3 persen.

Pekerjaan dengan nilai kontrak sekitar Rp. 2 miliar ini telah dilaksanakan sejak tanggal 24 Agustus dan akan selesai pada 20 Desember 2015 mendatang. (Bj05)