Home Headline Wow.. Fragmen Gajah Purba Ditemukan Warga Blora di Galian C

Wow.. Fragmen Gajah Purba Ditemukan Warga Blora di Galian C

312
0
Fragmen Gajah Purba Ditemukan Warga Blora di Galian C
       BLORA, 16/4 (BeritaJateng.net) – Sebuah fragmen kaki gajah purba ditemukan di lahan galian c di desa Sunggun kecamatan Kradenan kabupaten Blora. Saat pertama kali ditemukan, posisi fragmen kaki gajah purba tersebut berada di tengah galian dan berserakan dengan tanah.
     Fragmen kaki gajah kuno tersebut ditemukan pertama kali oleh Pujianto, warga desa medalem kecamatan Kradenan kabupaten Blora Senin (16/4/2018). Puji yang saat itu sedang mengembala kambingnya tidak sengaja melihat benda seperti potongan kaki berukuran besar.
      “Saya tidak tahu itu potongan, saya ambil saja karena penasaran. Setelah itu saya kasihkan ke pak kamituwo,” ungkap Puji di lokasi penemuan.
       Waktu pertama kali menemukannya, puji mengaku jika potongan tersebut sudah berada dipermukaan berserakan dengan tanah. “Posisinya waktu itu sudah ada di atas, saya tidak menggalinya,” tutur Puji.
      Sementara itu, peneliti dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, Haris mengatakan jika temuan potongan kaki gajah tersebut masuk dalam golongan humerus proboscideae atau potongan kaki gajah bagian depan. Usia gajah tersebut diperkirakan 160 ribu tahun.
       “Kalau dilihat lokasi penemuannya di tanah kerikil, itu masuk dalam teras menden, teras paling muda. Diperkirakan usianya 160 ribuan,” terang Haris.
       Haris mengaku jika wilayah Medalem Menden menjadi satu dari beberapa wilayah di kabupaten Blora yang diduga menjadi lokasi punahnya hewan purba. Bahkan di lokasi ini dulu juga pernah ditemukan fosil gajah purba yang masih lengkap.
       “Di medalem ini memang banyak ditemukan fosil hewan purba, namun kebanyakan berupa fragmen-fragmen atau potongan-potongan, ini karena lokasi ini masuk dalam teras menden,” ucap Haris.
        Hasil penelitian awal tim BPSMP Sangiran, kaki gajah purba tersebut sepanjang 460 mm lebar 460 mm dan tebal 170 mm.
(MN/El)