Home Headline Wisata Lawang Sewu Semarang Kembali Dibuka

Wisata Lawang Sewu Semarang Kembali Dibuka

372
Untuk masuk berwisata Lawang Sewu telah disiapkan pembayaran non tunai hingga standart protokol kesehatan.

Semarang, 9/7 (BeritaJateng.net) – Museum Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah, kembali dibuka untuk kunjungan wisatawan. Pemkot Semarang menilai wisata sejarah itu mampu menerapkan protokol kesehatan selama pandemi virus korona.

“Lawang Sewu per hari ini kita berikan rekomendasi sudah bisa melakukan kegiatan operasional,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Indriyasari, Kamis, 9 Juli 2020.

Menurut dia, Lawang Sewu merupakan tempat wisata ke-54 di Kota Semarang yang diperbolehkan beroperasi di masa pandemi covid-19. Pihaknya juga telah meninjau kesiapan Lawang Sewu menyambut kembali wisatawan.

“Sudah cek langsung ke Lawang Sewu. Tadi dibedakan pintu masuk dan pintu keluar dan mengutamakan pembayaran non-tunai untuk pesan tiket masuk. Jarak antrean sudah ditata dan ada tempat cuci tangan dengan air mengalir,” beber dia.

Kendati diberikan rekomendasi operasional, Indriyasari meminta pengelola Lawang Sewu membatasi jumlah pengunjung. Termasuk memastikan protokol kesehatan tegak diterapkan.

“Pembatasan pengunjung karena kita melihat kemampuan petugas untuk menerapkan jaga jarak. Apalagi jumlah pengunjung rata-rata cukup banyak di sini,” jelasnya.

Sementara itu, pengelola Lawang Sewu menyatakan jumlah wisatawan yang diperkenankan masuk ke area museum maksimum tiga ribu orang. Penjualan tiket akan dihentikan apabila jumlah pengunjung sudah memenuhi kuota.

“Yang lebih penting kami sudah siapkan ruangan isolasi kalau ada kondisi darurat sebelum dibawa ke rumah sakit,” imbuh Direktur Utama PT KA Wisata Totok Suryono. (El)