Home Headline Widya Kandi Yakin Posisinya Tak Tergoyahkan

Widya Kandi Yakin Posisinya Tak Tergoyahkan

Kendal, 10/12 (Beritajateng.net) – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Kendal, Widya Kandi Susanti mengaku yakin akan terpilih lagi sebagai ketua dalam Konverensi Cabang (Konvercab) DPC PDIP Kendal yang rencananya dilaksanakan Januari 2015 mendatang. Meskipun, pemilihannya akan dilakukan dengan proses musyawarah untuk mufakat tanpa adanya tahapan voting.

“Pemilihan Ketua DPC hingga saat ini masih berjalan lancar tanpa adanya hambatan. Para kader yang muncul sebagai bakal calon dari ranting dan PAC akan dibahas dalam rapat pleno akhir Januari mendatang,” ujarnya kepada Beritajateng.net pada Rabu (10/12).

Wanita yang akrab disapa Widya ini berharap ketua yang terpilih nantinya dengan sistem musyawarah mufakat harus tetap mengusung calon lain yang gagal sebagai pengurus. ”Para bakal calon yang tidak mendapat rekomendasi dari DPP harus masuk sebagai pengurus DPC,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu nama bakal calon ketua yang saat ini menjadi saingan kuat Widya Kandi, Prapto Utono mengatakan bahwa dirinya siap mengemban amanah untuk memimpin para kader PDIP Kendal. “Jika mekanisme pemilihan ketua DPC PDIP dilakukan dengan musyawarah mufakat, saya optimis akan mengalahkan bakal calon lain termasuk Widya Kandi,” kata pria yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Kendal.

Selain Widya Kandi Susanti dan Prapto Utono, ada sejumlah nama lain yang santer diisukan masuk sebagai bakal calon Ketua DPC PDIP Kendal. Mereka diantaranya Bendahara DPC PDIP Ahmad Suyuti, Tri Purnomo, Gunawan, Sutrimo, Munawir, Suroto, dan Mudzakir.

Prapto utono menjelaskan ada dua hal yang diatur dalam Surat Keputusan (SK) DPP PDIP mengenai mekanisme pemilihan ketua. Yaitu SK nomor 066 dan SK nomor 067 tentang penjaringan dan pemilihan Ketua DPC maupun Dewan Pimpinan Daerah (DPD). Dimana nama-nama bakal calon ketua harus diusung melalui tahapan penjaringan di ranting.

Hasil nama-nama bakal calon tersebut, kemudian di saring lagi melalui rapat pimpinan anak cabang (PAC) yang di 20 kecamatan di Kendal pada 11 dan 12 Januari 2015 mendaang. Dari hasil nama-nama yang muncul sebagai bakal calon, kemudian dievaluasi dan disaring lagi ditingkat DPD untuk mendapatkan lima nama bakal calon yang sah untuk dikirim ke DPP PDIP untuk melakukan fit and proper test.

Selanjutnya DPP PDIP akan menentukan tiga nama yang dianggap sah sebagai calon ketua DPC. Ketiganya ini yang akan dipilih oleh anggota melalui musyawarah mufakat di tingkat DPC. “Jika tidak mencapai kesepakatan maka harus dibahas dalam konvercab. Dan apabila tetap tidak menemui hasil akan dikembalikan ke DPP untuk menentukan nama ketua,” ungkap Prapto Utono. (DK/pj)