Home Nasional Waspadai MERS-CoV Bagi Jamaah Haji Asal Indonesia

Waspadai MERS-CoV Bagi Jamaah Haji Asal Indonesia

Naik-Haji
Boyolali, 29/8 (BeritaJateng.net) –  Suntik vaksin untuk kekebalan tubuh bagi calon jamaah haji (calhaj) sangat penting dan wajib patuhi. Calhaj mendapatkan suntik vaksin Meningitis dan juga antibiotik agarbisa terlindung dari resiko  virus yang bisa saja menyerang karena kondisi fisik pastinya kurang fit karena aktifitasnya yang padat, juga kondisi cuaca yang jauh berbeda dengan di tanah air. 

Pejabat Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi, wilayah kawasan Arab Saudi sendiri masih direpotkan dengan wabah sindrom pernafasan Timur Tengah atau dikenal dengan Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV). Sampai kini virus MERS-CoV yang berbahaya ini duga berasal dari unta dan dapat menyebar dan menular  dengan cepat. 

“Virus ini (MERS-CoV-red) sangat berbahaya dan mematikan,” terang Pejabat Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo belum lama ini. 

Bagi calhaj dihimbau agar selalu menggunakan masker saat melakukan aktifitasnya selama menjalankan ibadah haji. Bahkan pihak PPIH sendiri selalu mengingatkan para jemaah haji untuk melaporkan kesehatannya di posko-posko kesehatan yang telah dibentuk. Calhaj juga haarus sering mencuci tangan dengan desinfektan agar bersih dari bakteri. 

Pihak PPIH sendiri sudah berkoordinasi dengan bidang Kesehatan PPIH untuk terus mensosialisasikan soal bahaya MERS-CoV. Agar seluruh jamaah calhaj termasuk juga  petugas kelompok terbang (Kloter) tetap harus menjaga kebersihan dan juga kesehatan selama di Arab Saudi.

Para jamaah haji harus memperhatikan kesehatan dengan meningkatkan daya tahan tubuh, cukup cairan, dan menjaga pola makan yang sehat, karena kondidi fisik harus tetap prima di tengah cuaca Arab Saudi yang cukup ekstrim. 

“Biasakan selalu hidup bersih dan sehat, juga patuhi saran dari tim kesehatan di Tanah Suci,” pesan Gentur. (BJ24)