Home Headline Waspadai Corona, KPU Kota Semarang Tunda Pelantikan PPS

Waspadai Corona, KPU Kota Semarang Tunda Pelantikan PPS

238
Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom

SEMARANG, 23/3 (BeritaJateng.net) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang menunda agenda pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwakot) Semarang 2020.

Pelantikan yang dijadwalkan di Patra Hotel pada Minggu (22/3/2020) ditunda hingga batas waktu yang belum dapat ditentukan.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom mengatakan, penundaan tersebut berdasarkan surat keputusan dari KPU RI yang turun pada Sabtu (21/3/2020) malam kemarin.

Selain penundaan pelantikan PPS, KPU juga menunda agenda lain dalam rangka persiapan pilwakot 2020, yaitu pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP).

“Verifikasi faktual untuk calon perseorangan juga apabila ada calon perseorangan, tapi di Kota Semarang sendiri tidak ada calon perseorangan,” tutur Nanda, sapaannya.

Sebelumnya, pembentukan PPDP dijadwalkan pada 26 Maret hingga 15 April 2020. Agenda tersebut harus ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Penundaan beberapa agenda KPU itu dalam rangka mengurangi kerumunan agar tidak terjadi penularan virus corona.

“Kami, KPU Kota Semarang, tentu menyambut positif penundaan itu karena saat ini memang kondisinya tidak terlalu efektif jika dilaksanakan,” tambahnya.

Disebutkan, penundaan ini berlandaskan pada UU 10/2016 tentang Pilkada pasal 120 dan 121. Dalam undang-undang tersebut dijelaskan jika terjadi keadaan darurat maka dimungkinkan dilakukan penundaan.

Saat ini, KPU Kota Semarang tengah menyiapkan surat keputusan (SK) terkait penundaan beberapa jadwal tersebut untuk kemudian diserahkan kepada seluruh stakeholder terkait di Kota Semarang.  (El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seven + fifteen =