Home Headline Waspada, Semarang Ternyata Miliki Patahan Dalam Tanah

Waspada, Semarang Ternyata Miliki Patahan Dalam Tanah

303
0

Semarang, 23/10 (Beritajateng.net) – Edy Waluyo, fasilitator dari Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IAKI), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBKP), menyampaikan keberadaan patahan di wilayah Kota Semarang dan harus diwaspadai oleh pemerintah dalam acara Workshop Penyusunan Rencana Kontijensi dan Uji Lapang, yang diselenggarakan beberapa saat lalu.

Menurut Edy, di Semarang ada patahan yang harus sangat diwaspadai membujur dari Tenggara ke Selatan, atau dari Tembalang, melintasi Gombel, Gombel Lama, Tinjomoyo, Sukorejo, Sekaran, Sadeng, Jatibarang, hingga kawasan Babankerep. Lokasi lokasi yang terlintas patahan sangat rawan bencana longsor dan tanah bergerak. Disini seharusnya difungsikan sebagai jalur hijau dengan program penanaman yang banyak, bukannya digunakan sebagai kawasan pemukiman atau hunian.”Yang saya heran, kok di lokasi yang sebut tadi masih banyak pembangunan perumahan, padahal harusnya digalakkan program penghijauan,” heran Edy saat diwawancara Beritajateng.net (23/10).

Sudah banyak contoh bencana yang terjadi di Semarang akibat kurangnya perhatian dengan kondisi tersebut. Sayangnya pengembang tetap saja mendapat kesempatan untuk membangun rumah hunian di lokasi lokasi itu. Kedepan diharapkan pemerintah kota akan lebih memberi perhatian terhadap lokasi lokasi yang dilewati patahan ini.(BJ/NG)