Home Ekbis Waspada Kejahatan ATM, BI Imbau Perbankan Perketat Pengamanan

Waspada Kejahatan ATM, BI Imbau Perbankan Perketat Pengamanan

569

image

Semarang, 12/7 (BeritaJateng.net) – Bank Indonesia (BI) Kantor Wilayah Jawa Tengah menghimbau berbagai perbankan untuk menjaga kondusifitas dan keamanan area mesin-mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) untuk menghindari kejahatan ATM.

Hal ini disampaikan Direktur Depiti Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Iskandar Simorangkir di Semarang, Minggu.

Menurutnya, kejahatan ATM perlu diantisipasi, perbankan harus menyiagakan keamanan dan memeriksa keaktivan CCTV untuk menghindari berbagai kejahatan di ATM.

“Banyak sekali kasus yang ditemukan di masyarakat, seperti kasus hipnotis via telephone, dengan modus kartu ATM yang tertelan atau pembobolan ATM. Nah kasus ssmacam itu juga yang harus di tekan,” katanya.

Baik dari perbankan maupun masyarakat harus waspada dan berani melaporkan jika ada yang nencurigakan, Lanjutnya, apalagi menjelang lebaran seperti kali ini.

Semantara itu, Head Of Business Performance & Channel Management BNI, Rr. Joeli Koeswardani mengatakan, Bank Negara Indonesia (BNI) menjadi salah satu perbankan yang mewaspadai kejahatan di Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Menurut Joeli, pihaknya telah mengantisipasi kejahatan dengan selalu melakukan patroli, baik patroli dari sisi keamanan, kebersihan dan fungsi.

“Bukan hanya itu, kami juga siapkan konsinyer yang mengecek rutin dan terjadwal ATM BNI di semua titik,” katanya.

Ia mengaku telah menggandeng petugas aparat dalam hal keamanan, selain itu juga pihaknya memperketat penjagaan dengan adanya satpam atau security yang telah terlatih.

“Kami menghimbau pada nasabah, jika mengalami kendala pada mesin ATM, segera hubungi call center yang tertera stiker resmi BNI dengan nomor 1500046,” ungkapnya. (Bj05)