Home Headline Waspada Banjir,Forum DAS Bringin Resik-Resik Sungai Bringin

Waspada Banjir,Forum DAS Bringin Resik-Resik Sungai Bringin

126
0

Semarang,11/01 (Beritajateng.net) – Musim hujan telah tiba,kekuatiran akan bahaya bencana banjir juga selalu saja mengintai, untuk itu sejumlah relawan yang tergabung dalam Komunitas Relawan DAS Bringin, bergotong royong melakukan bersih – bersih aliran sungai, sambil melakukan susur DAS Bringin.

Forum DAS Bringin Bersih - bersih Kali Bringin
Forum DAS Bringin Bersih – bersih Kali Bringin

Acara susur DAS Bringin sendiri , dilaksanakan pada tanggal 08 Januari lalu. Rombongan yang terdiri dari 110 anggota, terdiri dari relawan Kelurahan Siaga Bencana (KSB), yang datang dari 9 kelurahan di wilayah Kecamatan Ngalian dan Tugu, mahasiswa dan organisasi peduli bencana lainnya.

Mereka berangkat dari Desa Wates, hingga mencapai kawasan Desa Gondorio, yang berjarak sekitar 10 kilometer. Rombongan menyusuri aliran sungai dengan berjalan kaki. Acara dimulai pada pukul 09.00 ( WIB) dan berakhir pada pukul 15.00 (WIB).

Koordinator Forum DAS Bringin dan kegiatan, Didit Mur mengatakan, acara ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian anggota terhadap kondisi aliran Sungai Beringin. Mereka berjalan kaki sambil membersihkan sampah yang ditemukan di aliran sungai. ” Lancarnya air di aliran sungai harus dipertahankan. Salah satu yang dapat mengganggu kelancaran arus sungai adalah timbunan sampah,jadi kami melakukan pembersihan. Kami menemukan cukup banyak sampah di sungai,seperti batang dan ranting pohon, selain sampah dari ruman tangga,” ungkap Didit.

Ditambahkan oleh Didit, pelaksanaan susur sungai Bringin ini juga dibantu oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang. “Kami juga mendapat bantuan dari pihak BPBD Kota Semarang, dalam hal keamanan dan pendanaan, sehingga acara dapat terlaksana dengan lancar. Kami ucapkan banyak terima kasih untuk semua pihak yang terlibat dalam acara susur sungai ini,” tambah Didit.

Selain bersih-bersih aliran sungai, pada acara ini juga dilakukan pemetaan daerah rawan di sepanjang DAS Bringin, serta melakukan latihan membaca dan menggunakan alat Global Positioning System atau GPS. (BJ/BJ)