Home Lintas Jateng Warga Keluhkan Infrastruktur Jalan Jepara Yang Rusak

Warga Keluhkan Infrastruktur Jalan Jepara Yang Rusak

444
image
Jalan rusak. Foto/ely

Jepara, 23/12 (beritajateng.net) – Rendahnya alokasi anggaran pembangunan infrsatruktur fisik di Kabupaten Jepara mengakibatkan beberapa jalan penghubung antar wilayah di kabupaten tersebut berlubang dan mengalami kerusakan.

Dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2014 yang mencapai sekitar Rp. 1,5 triliun, untuk pembangunan fisik hanya dibawah 10 persen dari APBD. “Sekitar 70 persen total APBD 2014 masih diperuntukkan untuk belanja rutin dan 30 persen diperuntukkan untuk pembangunan secara umum.

Kondisi infrastruktur jalan di Jepara tak selaras dengan apa yang digembar-gemborkan Gubernur Jawa Tengah, papar Wagiyono warga desa Welahan yang berprofesi sebagai Sopir Angkudes. Seperti yang diutarakan Wagiyono, kondisi jalan di Welahan yang merupakan jalur penghubung menuju kabupaten Jepara memang cukup memprihatinkan.

Beberapa warga sengaja menanam pohon di tengah lubang jalan, agar pengendara tidak terperosok dan jatuh bila melintasi jalan berlubang. “Lubang jalan cukup besar sudah jadi pemandangan biasa bagi masyarakat dan pengguna jalan raya Welahan ini, tak khayal kecelakaan kerap terjadi khususnya saat cuaca hujan, karena lubang jalan tergenang air,” ujarnya.

Bagi Wagiyono, lambatnya perbaikan infrastruktur jalan oleh pemerintah kabupaten Jepara dan Provinsi Jawa Tengah membuat banyak masyarakat kecewa. Pasalnya, Ganjar Pranowo sering menyebutkan bahwa tahun ini merupakan tahun infrastruktu, namun hingga menjelang akhir tahun perbaikan jalan di daerah tersebut tidak tergarap maksimal. (Ely/ss)