Home Lintas Jateng Warga Desa Belajar Masak Tiwul Ayu Hingga Pizzaku

Warga Desa Belajar Masak Tiwul Ayu Hingga Pizzaku

5202
0
Ibu PKK Belajar Masak Tiwul Ayu Hingga Pizzaku

Demak, 29/3 (BeritaJateng.net) – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mukti Utama, mengadakan pelatihan tata boga untuk ibu – ibu di Desa Karangsari, Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak.

Pelatihan selama 5 hari tersebut diprakarsai oleh Bidang Program Keaksaraan PKBM Mukti Utama bekerjasama dengan Bidang Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Demak dan Pemerintah Desa Karangsari.

Puluhan peserta antusias menyimak teori yang disampaikan oleh Narasumber Teknis (NST) Nusrotul Amanati yang juga Ketua Kompetensi Keahlian Tata Boga SMKN 1 Sayung dibantu oleh Ervina, kader PKK setempat.

Para ibu dengan semangat berlabuh ketrampilan memasak beraneka macam kue dan kudapan mulai dari Tiwul Ayu, Brownis, Wingko, Mie Pelangi, Donat, Nastar, Stick hingga Pizaku.

Ari Widodo, Ketua PKBM Mukti Utama mengatakan, pelatihan memasak ini merupakan program keaksaraan fungsional pasca tahap program melek aksara.

“Pelatihan ini gratis, alat dan bahan bantuan dari dinas (Dikbud). Sebagian bahannya kami juga swadaya, ” kata Widodo, Rabu (28/3/2018).

Animo peserta yang mayoritas kaum ibu itu cukup tinggi, mereka rela meluangkan waktunya untuk mengikurlti kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Bahkan juga ikut membawa anak anaknya demi mendapatkan ilmu dari praktisi kuliner.

“Alhamdulillah, animo warga bagus. Program hanya lima kali pertemuan saja, tapi ibu – ibu minta diadakan setiap minggu sekali,” lanjutnya.

Pasca pelatihan tersebut, Widodo berharap peserta dapat menerapkan ilmu yang didapatkannya dan berwirausaha kuliner untuk nantinya di jual ke masyarakat.

“Mimpi kami, ingin punya gerai makanan untuk memasarkan produk dari ibu ibu,setelah pelatihan ini. Akan tetapi daya dukung kami masih kurang, ” ujar Bubut sapaan akrabnya.

Afida Aspar, Kepala Bidang PAUD DIKMAS, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak, mengatakan, pelatihan memasak itu merupakan salah satu program Bidang PNF untuk membekali warga belajar dengan ketrampilan sehingga mereka bisa mandiri berwira usaha dan bisa menciptakan lapangan kerja.

“Kegiatan ketrampilan tata boga yang dilakukan PKBM Mukti Utama ini merupakan upaya long life education atau belajar sepanjang hayat,” ujar Afida.

“Harapannya agar semua lembaga pendidikan masyarakat bisa memberikan fasilitas dan membangun masyarakat literasi. Bukan hanya literasi baca tulis tapi juga keaksaraan lainnya seperti literasi financial literasi informasi dan lain lain,” harapnya.

Sementara itu, Wiryadi Agung Raharjo, Kepala Desa Karangsari, menyatakan bahwa pihaknya mendukung sepenuhnya program pelatihan yang ada di wilayahnya, salah satunya pelatihan memasak oleh PKBM Mukti Utama. Kegiatan tersebut, tentunya banyak bermanfaat untuk warga karena selain menambah ilmu dan wawasan di bidang kuliner, juga bisa menambah skill di bidang masak memasak.

“Kami dukung program pelatihan semacam ini. Pemberdayaan masyarakat seperti ini tentunya akan kami support, ” ujarnya. (El)