Home Lintas Jateng Warga Bantaran Gelar Upacara di Tengah Sungai

Warga Bantaran Gelar Upacara di Tengah Sungai

HUT Kemerdekaan

SOLO, 17/8 (BeritaJateng.net) – Ratusan warga Kampung Cinderejo, Kelurahan Gilingan, Solo, Jawa Tengah memiliki cara yang berbeda dalam memperingati  Kemerdekaan RI yang ke 70 tahun. Yakni dengan menggelar upacara bendera namun mengambil lokasi di sekitar kali Anyar yang saat ini sedang surut airnya. 

Aksi warga Gilingan yang lokasinya berada di depan Terminal Tirtonadi Solo ini sempat memacetkan arus lalu lintas. Pasalnya banyak warga yang tertarik ikut menyaksikan upacara bendera di sungai tersebut. Banyak motor warga yang parkir di sepanjang ruas jembatan. 

Iringan warga Kampung Cinderejo, Kelurahan Gilingan, Solo yang akan  melakukan upacara nampak berbaris rapi  sambil membawa bendera merah-putih dalam beragam ukuran sambil menyanyikan lagu-lagu perjuangan  menuju  ke kali Anyar dan melaksanakan upacara bendara. Meski dalam upacara tersebut banyak juga warga yang tercebur ke air karena licinnya lokasi. 

Ketua RT 01, Daryanto menyebutkan dilaksanakan upacara di lokasi Kali Anyar yang sedang surut airnya bertujuan untuk mengajak warga masyarakat lainnya untuk belajar mencintai Indonesia dengan segala isinya temasuk sungai. 

“Selama ini  masih banyak warga yang membuang sampah seenaknya ke sungai. Kondisi tersebut jelas membuat sungai tercemar,” jelasnya 
Senin (17/8/2015). 

Karena itulah lanjut Daryanto  upacara bendera ini dilakukan di sungai karena kampung mereka yang berada di bantaran sungai Kali Anyar tidak memiliki lapangan untuk menggelar upacara bendara. 

Selain membawa bendara merah putih mereka juga membacakan UUD 1945, teks proklamasi, dan dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya sambil mengibarkan bendara Merah Putih. Dan ditutup dengan mengibarkan  bendera merah-putih raksasa di  tengah sungai. (BJ24)