Home Lintas Jateng Warga Antusias Layanan Catatan Sipil Keliling

Warga Antusias Layanan Catatan Sipil Keliling

image

Blora, 22/4 (Beritajateng.net)-Antusias warga Desa Sumberagung sangat terlihat gembira saat mengikuti pelayanan pembuatan Akta Lahir dan Kartu Keluarga yang diadakan oleh Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Blora. Buktinya dari puluhan warga yang membuat Kartu Keluarga maupun Akta Lahir mereka yang bekerja di luar Kota.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini sangat memudahkan warga masyarakat pedesaan yang belum tau syarat pengurusan akta lahir menjadi lebih paham, belum lagi jika harus mengurus di kota pasti mengalami keselitan,” kata Sulasmi, salah satu warga dari RT 05 RW 01 Dukuh Bringin Desa Sumberagung Kecamatan Banjarejo, Blora, saat membuat akta lahir.

Menurutnya dengan adanya pelayanan secara keliling warga yang mengurus surat akta lahir menjadi ringan dan sangat mudah. seharusnya kegiatan seperti ini dilakukan dari dulu jadi semua warga pasti anak mereka yang baru lahir pasti sudah punya akta lahir semua. “Meskipun antri lama dan harus menunggu berjam-jam, saya dan warga yang lain merasa puas dengan adanya kegiatan seperti ini,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Desa Sumberagung Ngadimin menyatakan, sangat mendukung kegiatan yang diadakan oleh diinas catatan sipil ini. pasalnya mereka yang merantau di liar kota sekarang sudah mempunyai akta dan kartu keluarga  yang baru.

“Sekitar 20% mereka tinggal di perantauan sehingga mereka belum memiliki kartu keluarga yang baru, bahkan tidak hanya itu saja, bagi warganya yang akan mendaftarkan anak masuk PAUD diutamakan  harus sudah memiliki akta kelahiran,” ujar Ngadimin. (BJ31)

Advertisements