Home Headline Wapres: Perlu Kerja Keras Untuk Capai Keadilan Sosial

Wapres: Perlu Kerja Keras Untuk Capai Keadilan Sosial

175
0

JAKARTA, 26/10 (Beritajateng.net) Wakil Presiden Jusuf Kalla mengemukakan, dari lima sila dalam Pancasila, sila kelima Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia jauh tertinggal di belakang. Karena itu semua komponen bangsa perlu kerja keras untuk mencapai keadilan sosial.

“Kita perlu kerja keras untuk mencapai keadilan sosial,” kata Wapres Jusuf Kalla saat membuka Musyawarah Nasional Kedaulatan Bangsa, Menyongsong Seabad Kemerdekaan, Kamis (26/10) di Istana Merdeka, Jakarta.

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, faktor kemajuan ekonomi akan sangat menentukan hal-hal lainnya, termasuk keamanan, sosial budaya, politik, juga hukum. Karena itu seluruh komponen bangsa, termasuk para cendekiawan dan ilmuwan harus bekerja keras memajukan ekonomi warga.

“Usaha memikirkan bersama secara komprehensif seluruh aspek kehidupan bernegara sangat penting. Namun faktor kemajuan ekonomi akan menentukan hal-hal lainnya,” imbuh Wapres di hadapan peserta Munas yang terdiri dari para akademisi dari berbagai daerah di Indonesia ini

Sementara itu dalam laporannya Ketua Institut Harkat Negeri (IHN), Sudirman Said, sebagai penyelenggara Munas Kedaulatan Bangsa menyampaikan perlunya membangun kesadaran kolektif meskipun demokrasi kita mengharuskan adanya kalender Pemilu, Pilkada.

“Tetapi yang juga perlu diingat, hidup bangsa kita juga memiliki kalender lainnya yang harus dijaga. Di antaranya tetap harus ada yang menjaga urusan dan hak generasi mendatang, yaitu kelangsungan hidup dan kedaulatan bangsa,” tandas Sudirman.

(NK)