Home Nasional Wapres Minta Semua Bupati Ikut Kampanyekan Pencegahan TB

Wapres Minta Semua Bupati Ikut Kampanyekan Pencegahan TB

image

Jakarta, 25/3 (Beritajateng.net) – Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta semua bupati dan wali kota harus mengampanyekan pencegahan penyakit tuberkolosis atau TB.

“Semua bupati/wali kota harus kampanye TB. Kementerian Kesehatan tidak bisa sendirian, harus semua pihak, ” kata Wapres pada puncak peringatan Hari TB Sedunia di Istana Wakil Presiden yang dihadiri Menteri Kesehatan Nila F Moeloek di Jakarta, Selasa (24/3).

Wapres mengatakan, ada empat pokok dari upaya untuk menangani kesehatan. Yang pertama adalah genetika, kedua lingkungan.

Menurut Wapres, lingkungan paling banyak menimbulkan masalah, baik penyakit TB, malaria dan lainnya.

Karena itu, lanjutnya, harus dijaga kebersihan lingkungan, selokan dan lingkungan di rumah tangga.

“Pencegahan bukan hanya obat, tetapi semua harus preventif. Berikutnya adalah kebiasaan seperti merokok, hidup tidak sehat, dan begadang,” tambah Wapres.

Lebih lanjut Wapres mengatakan, yang terpenting adalah berusaha untuk lebih mencegah dari pada mengobati “Mencegah itu ialah masalah lingkungan dan kebisaan, di samping kita mengingatkan masing-masing rumah tangga, keluarga untuk hidup lebih baik, bersih dan kebiasaan-kebiaasaan lebih baik,” tambah Wapres.(ant/BJ)

Advertisements