Home Lintas Jateng Walhi : Penyusunan Amdal Pabrik Semen Rembang Langgar HAM

Walhi : Penyusunan Amdal Pabrik Semen Rembang Langgar HAM

image
Ilustrasi

Semarang, 4/12 (Beritajateng.net) – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menilai proses penyusunan analisis mengenai dampak lingkungan dalam pendirian pabrik PT Semen Indonesia di Kabupaten Rembang yang tidak melibatkan partisipasi penduduk setempat masuk sebagai pelanggaran Hak Asasi Manusia.

Hal tersebut disampaikan Walhi dalam tangkisan atas tanggapan gugatan terhadap izin lingkungan pembangunan pabrik PT Semen Indonesia di Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang, Kamis.

Manajer Kebijakan dan Pembelaan Hukum Walhi Muhnur Satyahaprabu menjelaskan izin lingkungan yang diterbitkan Gubernur Jawa Tengah sebagai syarat pembangunan pabri PT Semen Indonesia ini bisa digugat di PTUN.

“Dalam perkara ini, PTUN berhak untuk mengadili gugatan tentang terbitnya izin gubernur ini,” katanya.

Menurut dia, jika PTNU tidak berhak mengadili gugatan terhadap izin gubernur tersebut, maka banyak izin-izin lingkungan berbagai jenis proyek dianggap benar semuanya.

Berkaitan dengan izin lingkungan dari proses penyusunan amdal, lanjut dia, terdapat proses yang tidak benar.

“Proses penyusunan amdal tidak partisipatif dan tidak sesuai fakta,” katanya dalam sidang yang dipimpin Hakim Ketua Susilowati ini.

Hal lain yang disoroti dalam tangkisan tersebut, yakni perihal pembangunan pabrik PT Semen Indonesia yang mendesak dilakukan.

“Pabrik semen sebagai objek vital merupakan hal yang tidak benar. PT Semen Indonesia merupakan perusahaan yang membasiskan pada keuntungan,” tambahnya.

Dalam sidang tersebut, pihak PT Semen Indonesia menyerahkan sejumlah bukti yang diminta oleh hakim pada sidang sebelumnya.

Penasihat Hukum PT Semen Indonesia, Sadly Hasibuan mengatakan sejumlah bukti yang diserahkan antara lain bukti tanda tangan keterlibatan warga sekitar pabrik serta daftar hadir warga berkaitan dengan sosialisasi pembangunan pabrik tersebut.

Sidang ditunda selama dua pekan untuk selanjutnya hakim menyampaikan putusan sela atas perkara ini.(ant/pj)