Walau Darurat, Rest Area di Jalan Tol Semarang – Solo, Berfasilitas Lengkap

Semarang, 19,06 (Beritajateng.net) – Rest area yang dibangun sementara untuk melayani pemudik yang melintas di jalan tol Semarang – Solo ruas Bawen- Tingkir- Salatiga ini, berada di kilometer 49 ke arah Salatiga, dan di kilometer 37 untuk arah sebaliknya, dengan luas lahan sekitar 200 meter persegi.

tol-sala3-2

Meski hanya akan beroperasi selama arus mudik dan balik mulai H – 7 hingga H + 7 lebaran, rest area sementara ini dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap, seperti mushola, toilet, posko kesehatan dan SPBU portable.

Direktur Teknik dan Operasional PT Trans Marga Jateng, Ali Zainal Abidin mengatakan, selain disediakan dua rest area sementara, di jalan Tol Semarang – Solo ruas Semarang – Ungaran, juga terdapat satu rest area permanen yang sudah beroperasi di kilometer 22 arah ke Salatiga.”Selain rest area sementara yang kami sediakan, juga sudah ada rest area permanen yang sudah jadi di ruas tol ini, lokasinya di kilometer 22 arah Salatiga atau arah Selatan,” jelas Ali.

Meski sudah cukup lengkap,Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, saat meninjau rest area sementara ini, meminta kepada pihak pengelola untuk menambah jumlah toilet portable agar nantinya tidak terjadi antrean panjang di toilet. Selain itu, dirinya juga berpesan untuk menyiapkan mobil derek untuk membantu pemudik yang mengalami mogok mesin di tengah tol.”Saya sudah perintahkan ke kapolres setempat untuk ikut melakukan pemantauan dan menyediakan sejumlah bantuan di rest area sepanjang tol,pemerintah daerah juga sudah kami ajak untuk berkoordinasi untuk membantu pihak tol memberikan pelayanan kepada pengguna jalan tol,” ungkap Kapolda.

rest-area-1

Jalan tol Semarang – Solo ruas Bawen – Tingkir – Salatiga, saat arus mudik dan arus balik lebaran nanti, rencananya akan dibuka selama 24 jam untuk kendaraan ringan. selama dibuka secara fungsional itu, para pengendara tidak perlu membayar uang tol.(BJ/NG)

SHARE

Tulis Komentar Pertama

TINGGALKAN TANGGAPAN