Home Headline Wakapolres Pekalongan: Intelejen Daerah Harus Bekerja Lebih Lihai

Wakapolres Pekalongan: Intelejen Daerah Harus Bekerja Lebih Lihai

863
0
Kompol Joko Watoro
        KAJEN, 8/8 (BeritaJateng.net) – Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, membuat peran intelejen daerah harus bekerja lebih lihai agar tidak ketinggalan informasi sehingga bisa dicarikan soluasi atau antisipasi sejak dini. Demikian disampaikan Waka Polres Pekalongan Kompol Joko Watoro yang juga menjabat sebagai Ketua Komunitas Intelejen Daerah (Kominda) Kabupaten Pekalongan.
       Ia mengatakan, fungsi penyelidikan, pengamanan, dan penggalangan di bidang intelijen harus dilaksanakan secara komprehensif dan menyeluruh. Tujuannya agar kehidupan berbangsa dan bernegara bisa terpantau serta terdeteksi, khususnya ketika dibutuhkan pemecahan masalah sedini mungkin.
      “Tugas kepolisian selain melakukan penyelidikan, juga menjalankan kewenangan tugas lain sesuai amanat undang-undang, misalnya masalah keamanan dan ketertiban,” ujarnya.
      Joko mengingatkan agar seluruh personel yang bertugas menjalankan fungsi intelijen di daerah bersedia untuk saling berinteraksi, termasuk menceritakan apa saja keberhasilan serta kendala dan hambatan dalam mengemban amanat.
      “Saya mengimbau jajaran Kominda Kabupaten Pekalongan agar senantiasa memacu semangat dan meningkatkan kinerja. Sebenarnya produk-produk intelijen daerah yang dibuat sudah cukup, tapi masih bisa ditingkatkan lagi. Ini karena melihat majemuknya dan banyaknya masalah-masalah yang terjadi di tengah masyarakat,” tuturnya.
      Semua ini, menurutnya, tidak berarti intelijen tidak berbuat sama sekali. Peningkatan kinerja itu menjadi target bersama. “Saya berharap intelijen daerah bisa menyikapi setiap persoalan yang ada karena dinamika perubahan di tengah masyarakat begitu cepat dan beragam,” tutupnya. (ST/El)