Home Headline Wahid Fondation Tetapkan Desa Nglinggi sebagai Desa Damai

Wahid Fondation Tetapkan Desa Nglinggi sebagai Desa Damai

125
0

KLATEN, 2/11 (Beritajateng.net) – Wahid Foundation mendeklarasikan Desa Nglinggi yang terletak di Kecamatan Klaten Selatan sebagai Desa Damai. Itu diwujudkan melalui pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi, yakni melalui pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang beranggotakan perempuan sebanyak 17 hingga 20 anggota.

“Saat ini kita memiliki 14 kelompok UKM yang didampingi secara langsung oleh Wahid Foundation. Mereka merupakan ibu rumah tangga yang terdiri dari latarbelakang yang berbeda-beda. Tetapi dengan semangat bergotong-royong dapat membangun unit-unit usaha baru demi peningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Kepala Desa (Kades) Nglinggi Sugeng Mulyadi, seusai pendeklarasian Desa Damai Nglinggi, Rabu (1/11).

Masyarakat Desa Nglinggi dengan berbagai macam perbedaan tetapi dapat disatukan melalui permberdayaan ekonomi. Mereka bisa saling menerima dan hidup berdampingan dengan damai dalam mengelola unit usaha tersebut. Dirinya menyadari perdamaian memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dari perdamaian itu menjadi semangat warga untuk maju dan sejahtera.

“Berbagai potensi yang ada di Desa Nglinggi kita coba optimalkan untuk bisa diolah menjadi produk yang layak jual. Mulai ada telur asin, nugget ikan, keripik, abon ayam, abon sapi, abon ikan. Tentunya dengan bekal keterampilan dan manajemen usaha yang diberikan Wahid Foundation sangat membantu perekonomian keluarga karena para ibu rumah tangga bisa mendapatkan penghasilan tambahan,” jelasnya.

Pembentukan Desa Damai dimaksudkan untuk menjadi tempat awal bagi persemaian toleransi, antikekerasan. Bukan dari sisi ideologi saja tetapi dari sisi ekonomi juga Langkah konkret program tersebut melalui pembentukan kelompok UMKM serta pendampingan dan pelatihan kewirausahaan dari Wahid Foundation kepada masyarakat Nglinggi. Acara ini dihadiri dan mendapat apresiasi dari Plt Bupati Klaten Sri Mulyani.

(NK)