Home Ekbis Valentine, Penjualan Bunga Sepi Peminat

Valentine, Penjualan Bunga Sepi Peminat

Penjual bunga tengah menata dagangannya.
         SEMARANG, 14/2 (BeritaJateng.net) – Perayaan hari kasih sayang atau Valentine yang jatuh pada tanggal 14 Februari, biasanya menjadi momentum yang ditunggu oleh pedagang di Pasar Bunga Kalisari Semarang. Pasalnya momentum hari kasih sayang yang sering kali ditandai dengan pemberian bunga, coklat hingga boneka. Sayangnya tahun ini perayaan Valentine tidak seramai dulu, karena omzet penjualan mengalami penurunan.
           Pemilik toko bunga Manggar Florist, Sri Ningsi mengatakan perayaan Valentine tahun ini tidak seramai tahun lalu, entah dari penjualan eceran atau buket bunga yang isinya bunga mawar dan hiasan bunga lainnya. “Tahun ini belum ada gregetnya, tidak seperti tahun lalu,” katanya.
          Tahun lalu misalnya, ia berhasil menjual sekitar 1.250 tangkai bunga mawar dengan aneka warna. Sementara pada tahun ini belum separuh dari penjulan bunga tahun lalu, padahal hari Valentine dirayakan pada Rabu (14/2) hari ini. “Mungkin gara-gara musim hujan dan stocknya terbatas,” jelasnya.
           Dari dua jenis bunga yang disediakan yakni bunga mawar asli dan bunga mawar kertas, lanjut dia, pembeli lebih memilih bunga mawar asli. Untuk mencukup pasar, ia mengaku mengambil bunga dari Malang. “Hari biasa dijual pertangkai sekitar Rp 6 ribu, khusus hari Valentine naik menjadi Rp 10 ribu pertangkai karena harga dari petani juga naik,” ucapnya.
Valentine, Penjualan Bunga di Pasar Kembang Sepi Peminat

Terpisah, Widodo pedagang bunga lainnya juga mengakui sepinya penjualan bunga jelang Valentine. Namun ia tidak berkecil hati lantaran Valentine tahun ini berdekatan dengan momentum Imlek yang juga menjadi berkah tersendiri. Sebab, karangan bunga papan biasanya juga dibanjiri order pada saat merayakan acara besar seperti biasanya.

          “Kalau papan karangan bunga kami jual mulai dari harga Rp. 350.000- Rp 1,5 juta. Tergantung selera dan bugdet pembeli, yang ramai malah karangan bunga dibandingkan bunga bucket atau eceran untuk valentine,” tuturnya.(El)