Home Lintas Jateng Utamakan Kwalitas UMS Batasi Kuota Mahasiswa

Utamakan Kwalitas UMS Batasi Kuota Mahasiswa

Ums surakarta
Solo, 19/1 (BeritaJateng.net) – Tahun akademik 2015/2016   Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menurunkan kuota jumlah  penerimaan mahasiswa baru. Pada tahun sebelumnya  UMS menerima sekitar 6.500 hingga 7.000 mahasiswa baru, maka tahun ini hanya akan menerima 6.000 mahasiswa baru.
Sekretaris Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Taufik Puji Rochmani menjelaskan pengurangan kuota penerimaan mahasiswa baru berdasarkan atas  perbandingan ruang kelas dan tenaga pengajar. 
Tufik menjelaskan karena tahun sebelumnya, kuota mahasiswa baru dibuka 6.500, yang akhirnya melebihi tarhet hingga  mencapai 7.500 mahasiswa. 
Sebab ungkap Taufik, saat ini kegiatan perkuliahan mahasiswa sudah sangat padat bahkan jam perkuliahan ada yang  berakhir hingga pukul 21.00. 
“Agar kualitas  pendidikan bisa tetap terjaga, maka pembatasan maba baru perlu dilakukan,” jelasnya kepada wartawan  di Solo Jawa Tengah, Senin (19/1/2015).
Tahun ajaran 2015/2016 UMS hanya menerima  6000 maba dengan 49 program studi (prodi) sebagai pilihannya. 
Taufik juga menjelaskan sebagai antidipasi untuk membatasi kuota pendaftar, UMS akan  memberlakukan sistem seleksi berjenjang. 
“Artinya mahasiswa yang dinyatakan lolos dan mendaftar ulang lebih dulu yang akan memperoleh kursinya,” jelasnya lagi.  
Selain itu UMS juga memiliki program untuk twinning program dan program Double Degree. Tahun ini  UMS telah  membuka 6 twinning program. Nantinya tiap program akan ada  2 kelas yang dibuka dengan jumlah 40 orang. Kampus khusus untuk  program Double Degree juga sudah memiliki lokasi sendiri di Solo terpisah dari kampus induk.
Bahkan sarana prasarana untuk mendudkung kegiatan perkuliahan sudah di lalukan dengan menyiapkan 
tempat perkuliahan di Gedung Baru. 
“Gedung baru Itu mampu menampung  sekitar 100 ruang. Ditambah  pembangunan gedung Rektorat yang dilengkapi fasilitas lain seperti laboratorium,” ungkapnya. (BJ24)