Home Headline USM Gandeng Peneliti Amerika dan Mesir Teliti Geologi Semarang

USM Gandeng Peneliti Amerika dan Mesir Teliti Geologi Semarang

1504
USM Gandeng Peneliti Amerika dan Mesir Teliti Geologi Semarang
        SEMARANG, 23/12 (BeritaJateng.net) – Universitas Semarang (USM) melalui Kantor Urusan Internasional (International Office USM)  melaksanakan kerjasama penelitian dengan menggandeng Boston University, USA dan Port Said University, Egypt.
        Penelitian yang berdurasi 4 tahun dari mulai 2018 hingga 2022 ini  mengangkat topik tentang “Research on Water Table Mapping Mitigation Study Using Remote Sensing (RS)/ Geographic Information System (GIS) Technology in Semarang City”.
        Penelitian ini merupakan bentuk implementasi dan action dari inisiasi kerjasama dengan Boston University, USA.
        “Penelitian ini diharapkan dapat juga dimanfaatkan oleh prodi atau disiplin ilmu lainnya, sehingga banyak pula kontribusi ilmu yang dapat memunculkan temuan – temuan yang innovatif,” ungkap Rektor USM  Andy Kridasusila.
         “Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk dapat meningkatkan jumlah publikasi artikel/jurnal Internasional, dan lebih luas lagi penelitian ini juga diharapkan dapat menjawab permasalahan Kota Semarang,” tambahnya.
         Sebagai Project Homebase pada penelitian kali ini, Fakultas Teknik USM berkolaborasi dengan dua Profesor yaitu Prof Magaly Koch dari Boston University, dan Dr Gaber dari Port Said University.
        Adapun tim yang terlibat dalam penelitian berjumlah 15 orang yang terdiri dari Dosen, mahasiswa dan praktisi. Semua personil tersebut terdiri dari beberapa disiplin ilmu yang berbeda, tak hanya dari Geologi namun juga tata kota, remote sensing dan juga pengindraan.
        Kegiatan pada Batch pertama ini dimulai dengan diskusi oleh peneliti lapangan, advisor, pihak Universitas dan praktisi. Agenda selanjutnya, tim menuju ke lapangan dalam kegiatan Fieldtrip untuk mengunjungi 15 lokasi penelitian yang tersebar di wilayah Kota Semarang.
        Kegiatan fieldtrip ini bertujuan untuk mengobservasi dan sekaligus berdiskusi langsung di lapangan mengenai kondisi geologi Kota Semararng.
         Hasil dari data dan diskusi tersebut di paparkan dalam Workshop selama dua hari pada 4-5 Desember 2018 di Aula Gedung V Universitas Semarang, yang mana dihadiri oleh instansi perguruan tinggi Se-kota Semarang, Dinas kota Semarang dan Provinsi Jawa Tengah, mahasiswa, dan praktisi. Kemudian diakhiri dengan penandatanganan Letter of Intens dan Research Acknowlegment oleh Rektor Universitas Semarang, Andy Kridasusila dengan Boston University, USA diwakili oleh Prof Magaly Koch dan Port Said University, Egypt diwakili oleh Dr Ahmed Sayid Gaber. (El)