Home Hukum dan Kriminal Usai Rano karno, Kini Giliran 8 Anggota DPRD Diperiksa KPK 

Usai Rano karno, Kini Giliran 8 Anggota DPRD Diperiksa KPK 

Jakarta, 11/1 (BeritaJateng.net) – Usai memeriksa Gubernur Banten Rano Karno pada Kamis lalu, Penyidik KPK memeriksa 8 anggota DPRD Banten sebagai saksi.

“Diperiksa untuk tersangka RT,” ucap Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha di kantornya (11/1/16).

Ke-delapan anggota DPRD Banten yang diperiksa hari ini yakni Ananta Wahanan, Iman Sulaiman, Ade Suryana, Sri Hartati, Adde Rosi Khoerunnisa, Hasan Maksudi, A Zaini dan Muhlis. Mereka diperiksa untuk saksi bagi tersangka Ricky Tampinongkol yang merupakan Direktur Utama PT Banten Global Development (PT BGD).

Sebelumnya Rano Karno usai diperiksa kpk mengaku sempat bertemu dengan Ricky Tampinongkol sebelum akhirnya ditangkap KPK. Ricky ditangkap KPK ketika bertransaksi dengan 2 anggota DPRD Banten terkait pendirian Bank Banten.

“Obrolan saya terakhir itu tanggal 30 (November) itu. Pemaparan tentang bagaimana proses akuisisi,” kata Rano saat itu.

Ricky ditangkap KPK pada tanggal 1 Desember 2016. Ricky sebenarnya sempat bercerita pada Rano tentang adanya permintaan duit dari anggota DPRD Banten tentang pendirian Bank Banten tersebut tetapi Rano mengaku telah melarangnya.

Dalam kasus ini Ricky sudah ditetapkan sebagai tersangka bersama dengan 2 anggota DPRD yaitu SM Hartono, dan Tri Satriya. KPK mencium adanya ketidakberesan dalam pembahasan APBD terkait hal tersebut. Akhirnya KPK melakukan OTT dan menangkap 3 orang tersebut saat hendak bertransaksi uang suap sebesar USD 11.000 dan Rp 60 juta terkait pembentukan Bank Banten.

Hartono dan Tri diduga sebagai penerima suap sedangkan Ricky diduga sebagai pemberi suap.(bj50)