Home Headline Upacara Tawur Agung di Semarang Tampak Lengang

Upacara Tawur Agung di Semarang Tampak Lengang

326
Upacara Tawur Agung di Semarang Tampak Lengang

Semarang, 24/3 (BeritaJateng.net) – Suasana Upacara Tawur Agung kesanga jelang Perayaan Nyepi tahun saka 1924,  di Pura Agung Giri Natha Kota Semarang, Selasa (24/3) siang tampak lengang.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang selalu ramai dihadiri seluruh umat Hindu. Kegiatan ibadah kali ini hanya di lakukan 14 orang, yang sebagian besar merupakan panitia dalam rangkaian kegiatan Perayaan Nyepi di Kota Semarang.

Upacara Tawur Agung pada tahun ini pihak panita sengaja membatasi jumlah umat dengan menghadirkan belasan umat saja. Kegiatan yang biasa dilakukan pada sore hari menjelang malam, namun kali ini dilakukan pada siang hari. Ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari kerumunan massa sesuai anjuran dan intruksi Pemerintah terkait pencegahan wabah virus corona.

“Tahun baru kesange ini seharusnya dikuti seluruh umat hindu di kota Semarang namun karena melihat kondisi kesehatan dan kita taat kepada Pemerintah salah satu dari ajaran kita catur guru maka harus kita hormati ini demi kebaikan buat kita bersama,” ungkap Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Semarang, Engah Wirta Darmayan usai mengelar Upacara Tawur Agung kesanga di Pura Agung Giri Natha Kota Semarang, Selasa (24/3).

Upacara Tawur Agung kesanga bertujuan untuk menyampaikan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa,  sekaligus bentuk penghormatan dan pelestarian alam semesta.

Selanjutnya, esok hari  (Rabu, 25 Maret 2020) umat Hindu akan melakukan  catur brata penyepian, yaitu amati karya, amati geni, amati lelungan, dan amati lelanguan.

“Mulai esok hari selama 24 jam  umat Hindu akan melantunan doa yang disebut dengan nguncaran mantram gayatri dengan harapan segela permasalahan yang terjadi saat ini yakni adanya wabah virus corona dapat segera berakhir,”  imbuhnya. (Nh/El)