Home Lintas Jateng Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2015

Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2015

Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2015
Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2015
Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2015

Blora, 7/5 (BeritaJateng.net) – Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2015 yang dilakukan Kodim0271 Blora di Desa Kedungwungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, dipenuhi oleh masyarakat Desa yang ingin menyaksikan kegiatan tersebut.

Hadir dalam acara tersebut, Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Ariful Mutaqin, Komandan UpacaraDanramil 15/Japah Kapten Inf Subeno, peserta upacara dua peleton Pasukan Kodim 0721/Blora, dua peleton Pasukan Yonif 410/Alg, satu Peleton Pasukan Polres Blora, Satpol PP Kabupaten Blora, Polhut Blora, serta anak-anak Pramuka wilayah Kecamatan Todanan.

Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Ariful Mutaqin selaku irup membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI Gatot Nurmantyo.

Sebagaimana  telah diketahui bersama, katanya, program TNI Manunggal Membangun Desa adalah kelanjutanProgram ABRI Masuk Desa (AMD), yang telah dimulai sejak tahun 1980.

Selama 35 tahun, program lintas sektoral yang dilaksanakan secara terpadu antara TNI, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan masyarakat ini telah menghasilkan capaian yang tidak sedikit di seluruh pelosok tanah air.

“Syukur alhamdulillah,TMMD telah secara berkesinambungan membantu pemerintah dalam meningkatkanakselerasi pembangunan di daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sertamemantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa danbernegara,” ujarnya, Kamis (07/5).

Dengan langkah dan pendekatan seperti itu, tambahnya, pihaknya berharap TMMD tidak hanya dapat terus   mempercepat  proses pembangunan dan peningkatan  kesejahteraan masyarakat di daerah,  tetapi juga pada gilirannya akan dapat memperkokoh kemanunggalan TNI dengan Rakyat, yang merupakan landasan utama bagi terwujudnya ketahanan masyarakat yang makin tangguh.

“Untuk mewujudkan pencapaian tujuan dan sasaran TMMD sebagaimana diharapkan, maka ditetapkan sasarannya Fisik dan Non Fisik. Sasaran Fisik yang dilakukan adalah pembangunan Infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umumlain yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah, sehingga bisa meningkatkanroda perekonomian masyarakat. Yang di antaranya membangun jalan Makadam P. 1.850 M X L. 2.25 M, Pekerjaan Talud I P. 250M X T. 1.5 M, Pekerjaan Talud II P. 12 M X T. 1.5 M,” jelas Komandan Kodim0721/Blora.

Sedangkan sasaran Non Fisik diarahkan untuk mendorong tumbuhnya Inovasi dan kreativitas masyarakat desa, guna meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerahnya sendiri menuju kehidupan sosial yang lebih maju, sejahteradan mandiri.

Lebih lanjut, seusainya upacara dilanjutkan acara tambahan di antaranya, penanaman pohon mauni, secara simbulis oleh Bupati Blora Djoko Nugroho, Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Ariful Mutaqin, Kapolres Blora AKBP DwiIndra Maulana, Ketua Pengadilan Negeri Blora S. Pujiono, SH. M. Hum, KajariBlora Mochamad Djumali, SH. MH.lokasi disekitar Lapangan upacara. (BJ31)