Home Nasional UNS Siapkan Pendampingan Psikologis Eks Anggota Gafatar

UNS Siapkan Pendampingan Psikologis Eks Anggota Gafatar

SOLO, 26/1 (BeritaJateng.net) – Rektor Universitas  Sebelas Maret (UNS) Solo menyatakan siap menerima mahasiswa yang di duga terlibat dalam Organisasi Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar). Bahkan kampus juga siap memberikan pendampingan bagi mereka.

“Namun dengan catatan, mereka menjadi korban Gafatar dan siap berubah, kampus akan memberikan dispensasi terhadap sanksi administrasi yang seharusnya mereka terima,” jelasnya di Solo Jawa Tengah.

Ravik juga mengakui sampai saat ini pihaknya masih terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk kasus mereka.

Seperti diketahui, ada tiga  mahasiswa UNS dan satu pegawai staff TU pasca sarjana UNS telah di laporkan hilang dan diduga bergabung dengan Gafatar.

“Jika terbukti menjadi korban maka mereka seharusnya mereka di lindungi. Apalagi jika mau kembali kuliah dan bekerja  dengan serius  tentuny akan di berikan  kesempatan,” tegas Ravik.

Sementara itu, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Prof. Darsono,
Universitas Sebelas Maret (UNS) akan memberikan pendampingan kepada kelompok eks Gafatar dengan membentuk tim Pendampingan Psikologis bagi kelompok eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar).

“Tim berasal dari Program Studi (Prodi) Psikologi Fakultas Kedokteran UNS berisi tujuh  psikolog dan 25 relawan yang akan melakukan pendampingan,” jelas Darsono.

Nantinya tim akan membantu memulihkan psikologis eks anggota Gaftar yang pastinya memilikj rasa takut di tolak oleh keluarga dan lingkungan.

Pendampingan dari tim psikologi dengan membuka  posko di kampus UNS Mesen mulai buka sejak tanggal 24 Januari 2016 kemarin. Pendampingan sendiri akan ada tiga tahapan yaitu tahap darurat, tahap pemulihan dan tahap pengembangan. (Bj24).