Home News Update Universitas Perlu Pelatihan Praktik Kerja Lapangan

Universitas Perlu Pelatihan Praktik Kerja Lapangan

foto unnes 2

Semarang, 18/8 (BeritaJateng.net) -Pendidikan di Universitas juga perlu pelatihan praktik di lapangan agar para mahasiswa nantinya siap kerja dan tidak menjadi pengangguran.

Witjaksono Finance Direktur PT Dwi Aneka Jaya Kemasindo, mengatakan bahwa banyak pengangguran disebabkan kurangnya keterampilan dan kurang persiapanya saat di dunia kerja.

“Selama ini banyak mahasiswa baik itu S1 dan S2 yang lulus tidak punya ketrampilan dan saat wawancara kerja mereka tidak siap dan bingung dengan jabatan yang diinginkannya, akibatnya banyak pengangguran makin meluas,” tuturnya saat memberikan motivasi dan Orasi Kebangsaan “Ekonomi dan UMKM“ dihadapan mahasiswa baru Unnes dalam rangka Orientasi Mahasiswa Baru (OMB).

Acara OMB tersebut juga dihadiri Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko, Rektor Unnes Prof. Fatur Rokhman, Pembicara Vice Presiden PT Dwi Aneka Jaya Kemasindo (DAJK) Christine Fald dan para tamu undangan termasuk dari civitas akdemika.

Witjaksono mengatakan, bahwa dirinya masih sangat menyayangkan sekarang ini antara sistem pendidikan dan perkuliahan belum dapat sinkron. Akibatnya banyak lulusan yang tidak sesuai dengan jurusan perkuliahanya.

“Bagaimana mereka bisa bekerja secara maksimal bila tidak sesuai kemampuannya,” jelasnya yang rencana akan menjalin kerjasama dengan Unnes dalam bidang pendidikan.

Prof Fatur menambahkan, mahasiswa baru yang mengikuti orientasi mahasiswa diharapkan tetap melaksanakan dengan baik dan menuruti tugas kakak kelasnya. Acara ini sudah menjadi tradisi tahunan bahwa panitia mahasiswa baru juga menggelar karnaval budaya.

“Ini yang tampil para mahasiswa lama yang juga mempromosikan fakultas dan daerah asal,” jelasnya.

Wagub Heru Sudjatmoko juga menambahkan, bahwa ia sependapat bila mahasiswa jangan hanya diberikan pendidikan teori saja. Karena belajar hanya teori sangat memungkinkan mereka tidak memiliki ketrampilan yang baik. “Ini tugas dari para pejabat akademisi saat ini,” ucapnya.(BJ06)