Home Headline Unissula Peringkat ke Tiga PTS di Jateng

Unissula Peringkat ke Tiga PTS di Jateng

222
0

SEMARANG, 20/10 (Beritajateng.net) – Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) saat ini menempati peringkat ke 3 perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah. Prestasi tersebut cukup membanggakan bagi civitas academika Universitas Islam yang menerapkan Budaya Islam (Budai) dalam kehidupan kampus ini.

Koordinator Kopertis Wilayah VI Jateng Prof. Dr. Dwi Yuwono Puji Sugiharto, M.Pd.,Kons mengatakan, capaian prestasi Unissula cukup mengesankan karena menjadi perguruan tinggi swasta yang terus mengalami kemajuan dan memiliki kwalitas lulusan yang cukup tinggi.

“Saat ini Unissula menempati peringkat ke 3 PTS di Jateng dan 25 PTS seluruh Indonesia. Sementara itu secara keseluruhan indeks Unissula semakin meningkat secara nasional jika pada tahun 2015 berada pada peringkat 83 , pada tahun 2016 di peringkat 70 dan tahun 2017 ini berada diperingkat 69 dari 4.500 PTN PTS se Indonesia,” ungkap Pro Dwi Yuwono dalam sambutan di acara Wisuda ke 74 Unissula, di Auditorium Jl. Kaligawe Semarang, Jumat (20/10).

Di lingkup Kopertis VI Jawa Tengah, jelas Prof Dwi Yuwono, saat ini terdapat delapan program doktor, tiga diantaranya terdapat di Unissula yaitu Program Doktor Ilmu Hukum, Program Doktor Ilmu Manjemen, dan Program Doktor Teknik Sipil. Unissula merupakan universitas swasta pertama yang membuka Program Doktor Teknik Sipil di lingkup Kopertis VI dan kedua di tingkat nasional.

Sementara itu Rektor Unissula Semarang H Anis Malik Toha, Lc, MA., Ph.D menjelaskan, Wisuda ke 74 Unissula dilaksanakan dua hari yaitu tanggal 20 dan 21 Oktober dan diikuti oleh 1.380 wisudawan yang terdiri dari 92 program diploma, 1.036 sarjana, 224 magister dan 28 lulusan Program Doktor.

Pada hari ini wisuda diikuti oleh 658 lulusan yang terdiri dari 67 sarjana kedokteran, 25 sarjana farmasi, 43 D3 kebidanan, 5 Magister Bio Medic. Masih lagi 156 Sarjana Tehnik sipil, 21 sarjana Tehnik Planologi, 18 Magister Tehnik Sipil, 31 Sarjana Tehnik Elektro, 23 Sarjana Tehnik Industri, 29 Sarjana Tehnik informatika, 79 sarjana Psukhologi, 20 Sarjana Kedokteran gigi, 17 Sarjana Bahasa dan Sastra Indonesia, 19 Pendidikan Matematika dan 99 guru PGSD.

“Sampai Dengan Wisuda ke 74 Oktober 2017, unissula sudah meluluskan 37.974 lulusan terdiri dari 130 lulusan Program doktor, 3.900 magister, 30.977 sarjana dan 2957 ahli madya,” ungkap Anis Malik.

Rektor Anis Malik menambahkan pada Wisuda kali ini terdapat lulusan terbaik pada masing masing program studi antara lain dari Program Doktor Ilmu Hukum Dr Sudar. Dari Program Magister Teknik Sipil Muhammad Afif Ridwan MT, Magister Ilmu Hukum Iswanto MH, Magister Manajemen Annisa Faridhotun Ni’mah MM, Magister Kenotariatan Lila Kurniawati MKn, Magister Biomedik Aditya Nugraha MBiomed, Magister Pendidikan Agama Islam Achmad Rifai MPd.

Wisudawan terbaik program sarjana dari Prodi Pendidikan Dokter Dewi Hajar Kunarso SKed, Farmasi Ibroh Uyun Naila SFarm, Teknik Sipil HN Nurul Huda Putu Ekapraja ST, Perencanaan Wilayah dan Kota Bagas Romadhona Sukma ST, Ilmu Hukum Yumna Adelia Faiha SH, Manajemen Erma Sri Hastuti SE, Akuntansi Hasran SE, Ahwal Syakhsiyah Jihad Arif Sholikhin SH, Pendidikan Agama Islam Zakiya Ulinuha SPd, Sejarah Peradaban Islam Lilik Alfiatin Nafi’ah SHum, Teknik Elektro Agil Bahtiar ST, Teknik Industri Mujibus Syafiul Aqib ST, Teknik Informatika Rusmal Firmansyah ST.

Wisudawan terbaik dari prodi Psikologi Eka Yustikarini AR SPsi, Pendidikan Bahasa Inggris Sitty Nurmini Taros Bikutob SPd, Ilmu Komunikasi Indah Dwi Aryani SIKom, Pendidikan Dokter Gigi Intan Kumala Sari SKg, Ilmu Keperawatan Syaebatul Asslamiyah SKep, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Dora Ratna Diniarti SPd, Pendidikan Matematika Rahmat Alimuddin SPd, Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fitri Anggraeni SPd. Wisudawan terbaik dari program D3 Kebidanan Vivi Theria Zulfa AMd Keb, dan D3 Keperawatan Ida Nur Fadhilah Amd Kep.

(NK)